Studi Analisis Hubungan Kecepatan, Volume, Dan Kepadatan Lalu Lintas Pada Jalan Ahmad Yani Kota Batam

THIE, ERVINA (2018) Studi Analisis Hubungan Kecepatan, Volume, Dan Kepadatan Lalu Lintas Pada Jalan Ahmad Yani Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img]
Preview
Text
S-1411034-cover_id.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-1411034-table_of_contents.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-1411034-abstract_id.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-1411034-chapter1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-1411034-chapter2.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
S-1411034-chapter3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
S-1411034-chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
S-1411034-chapter5.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-1411034-bibliography.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk berdampak pada peningkatan mobilitas transportasi, sehingga memberikan peluang terjadinya kemacetan. Solusi terhadap kemacetan dapat dilakukan dengan menerapkan manajemen lalu lintas secara terencana, sehingga perlu diketahui terlebih dahulu bagaimana perilaku dan karakteristik lalu lintas pada ruas jalan tersebut. Kajian ini bertujuan menyajikan model matematis dan grafis dari hubungan antara volume, kecepatan, dan kerapatan lalu lintas pada Jalan Ahmad Yani Kota Batam berdasarkan model Greenshield, Greenberg dan Underwood, kemudian melalui uji validitas akan dipilih model yang paling ideal untuk diterapkan pada jalan yang diteliti. Survei dilakukan pada Jalan Ahmad Yani Kota Batam pada arah utara dan selatan. Pengambilan data dilakukan dengan survei volume lalu lintas dan survei kecepatan setempat dengan metode manual count, sedangkan data geometrik jalan diperoleh dari observasi langsung. Pengambilan data dilakukan selama tiga hari berturut-turut yaitu Sabtu, Minggu, dan Senin, dari pukul 06:00 sampai dengan pukul 18:00 WIB. Hasil analisis menunjukkan bahwa model Greenberg paling sesuai untuk Jalan Ahmad Yani arah utara dengan nilai koefisien determinasi 0.842, sedangkan model yang sesuai untuk arah selatan adalah model Underwood dengan nilai koefisien determinasi 0.817. Persamaan untuk arah utara adalah Us=103.55-16.19×lnD, Q=599.4×Us×exp(-Us/16.19), Q=16.19×D×ln(599.4/D), sedangkan untuk arah selatan adalah Us=75.94×exp (-D/83.33), Q=83.33×Us×ln(75.94/Us), Q=75.94×D×exp(-D/83.33).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Greenshield, Greenberg, Underwood, Model Matematis.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: School of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
Depositing User: Ferry S
Date Deposited: 21 Jun 2018 07:37
Last Modified: 21 Jun 2018 07:37
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/887

Actions (login required)

View Item View Item