Studi Kasus Motivasi: Berbagi Informasi Secara Online

Suwarno, Suwarno (2014) Studi Kasus Motivasi: Berbagi Informasi Secara Online. Computer and Information Sciences Journal, 8 (1). ISSN 1907-6460

[img]
Preview
Text
Studi Kasus Motivasi Berbagi Informasi secara Online.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Berbagi informasi adalah aktivitas yang sangat umum di internet. Banyak pengguna yang memberikan informasi yang sangat berguna kepada orang lain melalui berbagai platform online. Berbagi informasi secara online seringkali membutuhkan investasi waktu dan usaha untuk memberikan manfaat bagi orang lain yang sama sekali kita tidak ketahui walaupun tanpa imbalan material atau balasan keuntungan dari pihak yang diberikan informasi oleh kita. Alamiahnya hal ini akan memacu sebuah pertanyaan yang besar mengenai motivasi. Tujuan dari artikel ini adalah melakukan investigasi fenomena dari berbagi informasi secara online dan faktor-faktor yang memacu motivasi secara empirik dan juga melakukan perbandingan berbagai teknologi berbagi informasi dalam infrastruktur internet.Hasilnya menunjukkan bahwa berbagai jenis motivasi dapat mempengaruhi keputusan dalam melakukan kegiatan berbagi secara online; diantaranya adalah hadiah intrinsik (perasaan senang, bahagia, puas dan pemenuhan kebutuhan untuk berbagi kegiatan) dan kekuatan diri yang merupakan faktor yang paling dominan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: online, motivasi, berbagi, internet
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: School of Computer Science > Information System
Depositing User: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Date Deposited: 01 Oct 2017 04:50
Last Modified: 01 Oct 2017 04:50
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item