Fernando, Ficci (2009) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Repurchase Intention pada Warga Negara Singapura yang Melakukan Internet Shopping. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
Text
Ficci Fernando_0531032.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan internet telah mempengaruhi lingkungan pemasaran di seluruh dunia secara kuat. Seiring perkembangan internet ini baik dalam cakupan sektor edukasi sampai bisnis, e-commerce (komersial elektronik) berada di bagian inti dari perkembangan ini. Oleh karena transaksi pada komersial elektronik tidak mampu berinteraksi secara face to face, maka semakin banyak peneliti ingin meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli, terutama keinginan untuk melakukan pembelian produk atau jasa secara terus menerus (repurchase intention). Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi repurchase intention, maka digunakan model ECT (Expectation Confirmation Theory) dan TAM (Technology Acceptance Model), dengan menambah sebuah konstruk baru, yaitu kesetiaan konsumen (customer loyalty). Penelitian ini menguji pengaruh konfirmasi terhadap kepuasan dan persepsi kegunaan, pengaruh kepuasan dan persepsi kegunaan terhadap repurchase intention, pengaruh kepuasan terhadap kesetiaan konsumen, serta pengaruh kesetiaan konsumen dan persepsi insentif terhadap repurchase intention. Model yang digunakan, diuji dengan data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner melalui internet, dengan jumlah akhir responden sebanyak 188 warga negara Singapura yang pernah melakukan pembelian melalui internet minimal sekali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konfirmasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dan persepsi kegunaan. Dan kepuasan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap repurchase intention. Akan tetapi, persepsi kegunaan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap repurchase intention. Hasil penelitian ini juga menunjukkan kepuasan secara signifikan mempengaruhi kesetiaan konsumen, serta kesetiaan konsumen dan persepsi insentif juga secara signifikan mempengaruhi repurchase intention. Kata Kunci: internet, e-commerce, repurchase intention, ECT, TAM, kesetiaan konsumen (customer loyalty)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > Information technology |
Divisions: | School of Computer Science > Information Technology |
Depositing User: | Rio Gusma Hendra |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 03:07 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 03:07 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/6440 |
Actions (login required)
View Item |