Analisis Pengaruh Media Richness Terhadap Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Sikap dalam Penggunaan Short Messaging Services di Kalangan Mahasiswa Pulau Batam

Nancy, Nancy (2006) Analisis Pengaruh Media Richness Terhadap Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Sikap dalam Penggunaan Short Messaging Services di Kalangan Mahasiswa Pulau Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Nancy_0431084.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)

Abstract

Penelitian ini mereplikasi model penggabungan dari teknologi kolaborasi dan Techology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Dennis et al. (2003). Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh media richness terhadap persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan dan sikap dalam penggunaan Short Message Services (SMS). Objek penelitian adalah mahasiswa di pulau Batam yang menggunakan layanan SMS dengan unit analisis tingkat individu. Metode pengumpulan data menggunakan cara pembagian kuesioner dengan jumlah akhir responden 125 orang. Analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media richness tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan. Namun media richness memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap. Kata Kunci: Teknologi Kolaborasi, Media richness, Persepsi manfaat (Perceived usefulness), Persepsi kemudahan pengguanaan (Perceived ease of use), sikap (Attitude).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > Information technology
Divisions: School of Computer Science > Information Technology
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 28 Sep 2024 06:46
Last Modified: 28 Sep 2024 06:46
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/6360

Actions (login required)

View Item View Item