Analisis Pengaruh Kemasan Produk Kosmetik Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen di Batam

Wati, Setia (2016) Analisis Pengaruh Kemasan Produk Kosmetik Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen di Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Setia Wati_1241091.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Industri kosmetik dapat dikatakan industri dengan persaingan yang ketat, hal ini dibuktikan sudah 760 perusahaan yang tersebar di wilayah Indonesia, produk yang dijual-belikan bersifat homogen dan harga ditentukan oleh pasar. Sehingga industri kosmetik dapat dikatakan pasar oligopoli yang sesuai dengan ciri-ciri pasar oligopoli. Persaingan ketat membuat perusahaan harus harus memiliki diferensiasi tersendiri. Salah satunya yaitu dengan kemasan. kemasan dapat memberikan ketertarikan kepada konsumen yang tidak niat membeli ataupun tidak memikirkan untuk membeli. Dan kemasan juga sering dijadikan sebagai kesan terakhir konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian. Sampel pada studi ini diambil dengan bantuan kuesioner dan hanya orang yang melakukan pembelian produk kosmetik dalam periode 1 bulan terakhir di Batam dapat berpartisipasi dalam penelitian ini. Mengukur ukuran sampel dengan teknik judgement sampling, metode survey dan alat bantunya dalam bentuk kuesioner yang diadopsi dari penelitian terdahulu. Data yang terkumpul kemudian akan diolah dengan metode regresi berganda. Berdasarkan hasil olah data dapat disimpulkan bahwa, terdapat tiga variabel yang berpengaruh signifikan positif yaitu material kemasan, warna kemasan dan bentuk huruf. Dua variabel yang ditemukan tidak terjadi signifikan tetapi positif terhadap perilaku pembelian konsumen yaitu desain pembungkusan dan inovasi. Hasil ini mengidentifikasikan bahwa perusahaan harus lebih fokus pada material kemasan, warna kemasan dan bentuk huruf. Kata Kunci: Perilaku Pembelian Konsumen, Kemasan, Material, Warna, Desain Pembungkusan, Bentuk Huruf, Inovasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pembelian Konsumen, Kemasan, Material, Warna, Desain Pembungkusan, Bentuk Huruf, Inovasi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 24 Sep 2024 08:20
Last Modified: 24 Sep 2024 08:20
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/6319

Actions (login required)

View Item View Item