Analisis Pengaruh Price Fairness, Customer Satisfaction, dan Customer Loyalty Terhadap Price Acceptance

Erwin, Erwin (2009) Analisis Pengaruh Price Fairness, Customer Satisfaction, dan Customer Loyalty Terhadap Price Acceptance. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Erwin_0541111.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan industri penerbangan di Indonesia cukup pesat, tetapi perkembangan tersebut juga menyebabkan timbulnya berbagai persoalan. Persoalan yang sering terekspos adalah frekuensi kecelakaan pesawat terbang meningkat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pelanggan penggunaan jasa penerbangan merasa harga tiket pesawat yang ditawarkan oleh perusahaan penerbangan sudah setimpal dengan tingkat keselamatan, tingkat ketepatan waktu, maupun tingkat pelayanan yang diterima. Objek dalam penelitian ini adalah industri penerbangan yang beroperasi di Indonesia khususnya di Batam. Dipilihnya industri penerbangan sebagai objek penelitian karena pengukuran price fairness berdasarkan atas pertimbangan tingkat keselamatan, ketepatan waktu, dan pelayanan yang diterima oleh pelanggan. Ketika perusahaan dapat memenuhi harapan yang diinginkan oleh pelanggan, maka akan menciptakan customer satisfaction. Timbulnya customer satisfaction tersebut juga akan meningkatkan customer loyalty. Adanya customer satisfaction dan customer loyalty, maka price acceptance pelanggan menjadi lebih besar. Responden yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah responden yang pernah membeli tiket pesawat terbang dengan uang sendiri sehingga responden dapat lebih memahami serta merasakan kewajaran harga tiket yang ditawarkan oleh perusahaan penerbangan. Sebanyak 120 responden diberikan kuesioner dan dilakukan secara snow ball sampling, ternyata didapatkan bahwa price fairness mempengaruhi secara signifikan terhadap customer satisfaction; customer satisfaction mempengaruhi secara signifikan terhadap customer loyalty; price fairness mempengaruhi secara signifikan terhadap customer loyalty; customer satisfaction mempengaruhi secara signifikan terhadap price acceptance; dan customer loyalty mempengaruhi secara signifikan terhadap price acceptance. Kata kunci: Price fairness, Customer satisfaction, Customer loyalty, Price acceptance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:51
Last Modified: 08 Jul 2024 07:51
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5977

Actions (login required)

View Item View Item