Pengaruh Brand Trust dan Brand Affect Terhadap Brand Performance Dengan Brand Loyalty Sebagai Variabel Intervening

Andi, Andi (2008) Pengaruh Brand Trust dan Brand Affect Terhadap Brand Performance Dengan Brand Loyalty Sebagai Variabel Intervening. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Andi_0441101.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pada saat ini nilai suatu brand yang kuat bukanlah jaminan terhadap loyalitas konsumen, tetapi lebih kepada kepercayaan (brand trust) dan pengalaman dari mengkonsumsi brand tersebut (brand affect) yang akan mendorong brand loyalty, yang didalam pembahasan penelitian di bagi menjadi dua variabel yaitu purchase loyalty dan attitudinal loyalty. Pada akhirnya akan menunjukan performanya dari brand tersebut (brand performance). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Batam yang mengkonsumsi sabun mandi, shampo dan pasta gigi. Penyebaran kuesioner kepada 336 responden dan manajer dari brand-brand Lifebuoy sabun, Lux, Nuvo, Giv, Sunsilk, Clear, Pantene, Lifebuoy shampo, Pepsodent, Ciptadent, Close-up dan Formula. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan sampel adalah non probabilitas sampling dan metode pemilihan sampel berdasarkan purposive sampling. Hasil yang diperoleh adalah brand trust dan brand affect berpengaruh positif secara langsung terhadap brand loyalty (purchase loyalty dan attitudinal loyalty). Hasil lain adalah brand loyalty tidak ada pengaruh terhadap brand performance. Hasil untuk variabel kontrol adalah hedonic value dan utilitarian value berpengaruh positif terhadap brand trust dan brand affect. Variabel differentiation berpengaruh positif terhadap market share dan relative price, sedangkan variabel share of voice berpengaruh positif terhadap relative price dan berpengaruh negatif terhadap market share. Kata Kunci : Brand trust, Brand affect, Brand performance, Brand loyalty, Purchase loyalty, Attitudinal loyalty, Hedonic value, Utilitarian value, Share of voice, Differentiation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 20 Jun 2024 08:50
Last Modified: 20 Jun 2024 08:50
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item View Item