Robert, Robert (2010) Analisis Pengaruh Mekanisme Fungsional Kejelasan Informasi dan Interaktivitas Dalam Implementasi Virtual Product Experience (VPE) Pada Website B2C E-Commerce Terhadap Pemahaman Presentasi Produk Secara Online Oleh Kalangan Mahasiswa di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
Text
Robert_0731037.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh kejelasan informasi dan interaktivitas sebagai mekanisme fungsional (functional mechanism) dalam presentasi produk secara online pada website business-to-consumer atau B2C e-commerce yang telah mengimplementasikan teknologi virtual product experience (VPE) terhadap persepsi diagnosa konsumen, persepsi kesesuaian konsumen dalam berbelanja dan kesenangan konsumen dalam berbelanja. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh persepsi diagnosa konsumen terhadap sikap konsumen mengenai produk beserta pengaruh persepsi diagnosa konsumen, persepsi kesesuaian konsumen dalam berbelanja dan kesenangan konsumen dalam berbelanja terhadap sikap konsumen mengenai belanja melalui website. Selain itu, penelitian ini juga membahas pengaruh sikap konsumen mengenai produk dan sikap konsumen mengenai belanja melalui website terhadap niat konsumen untuk membeli pada website beserta pengaruh sikap konsumen mengenai belanja melalui website terhadap niat konsumen untuk kembali mengunjungi website B2C e-commerce. Obyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa di kota Batam. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di kota Batam. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik survei melalui kuesioner dengan jumlah akhir responden sebanyak 193 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kejelasan informasi dan interaktivitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi diagnosa konsumen, persepsi kesesuaian konsumen dalam berbelanja dan kesenangan konsumen dalam berbelanja. Penelitian ini juga menunjukkan persepsi diagnosa konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap konsumen mengenai produk dan persepsi diagnosa konsumen, persepsi kesesuaian konsumen dalam berbelanja dan kesenangan konsumen dalam berbelanja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap konsumen mengenai belanja melalui website. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa sikap konsumen mengenai produk dan sikap konsumen mengenai belanja melalui website memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat konsumen untuk membeli pada website beserta sikap konsumen mengenai belanja melalui website memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat konsumen untuk kembali mengunjungi website B2C e-commerce. Kata Kunci: Kejelasan informasi, Interaktivitas, Mekanisme fungsional (functional mechanism), Website Business-to-Consumer (B2C) e-commerce, Virtual Product Experience (VPE), Persepsi diagnosa konsumen, Persepsi kesesuaian konsumen dalam berbelanja, Kesenangan konsumen dalam berbelanja, Sikap konsumen mengenai produk, Sikap konsumen mengenai belanja melalui website, Niat konsumen untuk membeli, Niat konsumen untuk kembali mengunjungi website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > Information technology |
Divisions: | School of Computer Science > Information System |
Depositing User: | Rio Gusma Hendra |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:19 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:19 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5606 |
Actions (login required)
View Item |