Persepsi Seafood Image Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Domestik ke Kota Batam

Mustofa, Rois Al Rasyid (2022) Persepsi Seafood Image Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Domestik ke Kota Batam. Master thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
2044051_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dalam pariwisata gastronomi atau wisata kuliner, persepsi mengenai citra makanan dari sebuah destinasi merupakan faktor terpenting dalam rencana pemasaran destinasi pariwisata. Seiring dengan berjalannya waktu, industri pariwisata di kota Batam tumbuh dan berkembang dengan cukup pesat, yang kemudian menjadikan Batam sebagai pintu gerbang pariwisata terbesar ketiga setelah Bali dan Jakarta. Pada artikel ini mencoba untuk meneliti minat berkunjung kembali pada wisatawan domestik di kota Batam dengan menggunakan model teoritik yang menggunakan variabel seafood image yang mana sudah menjadi salah satu ikon makanan khas dari kota Batam yang unik, kemudian menggunakan dua variabel mediasi seperti nilai yang dirasakan dan kepuasan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kajian kuantitatif dengan digunakannya 400 sampel dari wisatawan domestik dari seluruh Indonesia yang berkunjung ke kota Batam dan dikumpulkan menggunakan media online berupa Google form yang dipilih dengan metode non-probability sampling. Analisis jalur digunakan pada model penelitian ini. Hasil dari penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara seafood image terhadap nilai yang dirasakan dan kepuasan, juga antara kepuasan dan minat berkunjung kembali wisatawan domestik ke kota Batam. Namun tidak terdapat pengaruh secara langsung antara nilai yang dirasakan terhadap minat berkunjung kembali, dan nilai yang dirasakan tidak dapat menjadi variabel perantara untuk seafood image terhadap minat berkunjung kembali. Kata Kunci : Seafood Image, Nilai yang Dirasakan, Kepuasan, Minat Berkunjung Kembali

Item Type: Thesis (Master)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Master of Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 12 Apr 2023 09:32
Last Modified: 12 Apr 2023 09:51
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item View Item