Analisis Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Hotel Berbintang di Kota Batam

Anugrah, Veronica (2022) Analisis Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Hotel Berbintang di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1846042_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Setiap perusahaan barang dan jasa dituntut untuk membuat pelanggan merasa loyal terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Perusahaan dikatakan berhasil dan menguntungkan apabila mendapati para pelanggan yang loyal dalam jangka waktu yang panjang. Hotel berbintang merupakan hotel dengan harapan pelanggan memiliki fasilitas, kualitas pelayanan dan kepercayaan yang baik. Faktor fasilitas, kualitas pelayanan dan kepercayaan merupakan faktor yang dinilai dapat membuat pelanggan loyal sewaktu menginap di hotel berbintang di kota Batam. Penelitian ini bertujuan menambah wawasan terkait faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan di hotel berbintang di kota Batam. Berdasarkan analisis literatur ilmiah yang diperoleh dalam satu dekade terakhir, maka variabel fasilitas, kualitas pelayanan dan kepercayaan merupakan variabel bebas yang diteliti dalam penelitian ini. Sumber data penelitian ini adalah masyarakat kota Batam. Sebanyak 400 sampel berhasil dikumpulkan dan selanjutnya di uji dengan bantuan SPSS 25.0. Metode dalam pengolahan data menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Kesimpulan yang didapat melalui proses analisa data, diperoleh hasil yang menjelaskan bahwa fasilitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Keterbatasan dalam penelitian ini yakni masih banyak variabel bebas lain yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dan tidak dijelaskan dalam penelitian ini, selain itu penelitian ini mungkin tidak dapat di teruskan terhadap destinasi dan daerah lain kemudian kuesioner dalam penelitian ini kurang menyebar sehingga tidak dapat dikatakan mewakili seluruh pendapat wisatawatan di Asia. Kata Kunci: Fasilitas, Kualitas pelayanan, Kepercayaan, Loyalitas pelanggan, Kota Batam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: School of Economic and Business > Tourism
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 04 Jan 2023 10:35
Last Modified: 04 Jan 2023 10:35
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4970

Actions (login required)

View Item View Item