Tinawati, Tinawati (2014) Analisis Terhadap Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam Penyelesaian Sengketa Konsumen di Indonesia (Studi Perbandingan Hukum Antara Indonesia dan Malaysia). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
|
Text
1051018-cover_id.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
1051018-table_of_contents.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
1051018-chapter1.pdf Download (974kB) | Preview |
|
|
Text
1051018-chapter2.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
1051018-chapter3.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) |
||
Text
1051018-chapter4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
1051018-chapter5.pdf Download (665kB) | Preview |
|
|
Text
1051018-bibliography.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
1051018-abstract_id.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan ekonomi yang semakin pesat membuat kedudukan konsumen dan pelaku usaha menjadi tidak seimbang dimana konsumen berada pada posisi yang lemah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah membentuk suatu lembaga nonperadilan yaitu Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (selanjutnya disebut sebagai BPSK) untuk menyelesaikan sengketa konsumen. Dalam penelitian ini dideskripsikan secara terperinci mengenai persamaan serta perbedaan BPSK di Indonesia dan The Tribunal for Consumer Claims Malaysia (selanjutnya disebut sebagai TCCM) di Malaysia dalam melaksanakan peranannya untuk menemukan ketentuan negara mana yang lebihbaikdanuntukmelihattingkatakseptasiketentuanmengenai TCCM di Malaysia kedalam Hukum Indonesia. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis normatif dengan berbasis perbandingan hukum. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka (library research). Setelah seluruh data terkumpul, kemudian diolah dan dianalisis untuk menemukan permasalahan hukum yang menjadi objek kajian dan menyimpulkannya, kemudian diuraikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa BPSK di Indonesia dan TCCM di Malaysia terdapat persamaan serta perbedaan dalam melaksanakan peranannya dalam penyelesaian sengketa konsumen. Serta, terdapat ketentuan mengenai TCCM di Malaysia yang dapat diadopsikan kedalam Hukum Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyelesaian Sengketa, BPSK, TCCM, Indonesia, Malaysia. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | School of Law > Law Science |
Depositing User: | Nadia Dery |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 04:50 |
Last Modified: | 21 Jun 2018 04:50 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/489 |
Actions (login required)
View Item |