Pengaruh Timbal Balik antara Corporate Social Responsibility dan Manajemen Laba: Direktur Wanita dan Independen Sebagai Moderator

Hadianto, Isabela (2022) Pengaruh Timbal Balik antara Corporate Social Responsibility dan Manajemen Laba: Direktur Wanita dan Independen Sebagai Moderator. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1842093_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan alat strategis, namun informasi keuangan rentan dimanipulasi. Ada pula fenomena pengungkapan laporan keberlanjutan perusahaan dalam beberapa dekade terakhir, sehingga banyak penelitian mengenai pengungkapan ini terhadap kualitas laba di mana manajer dapat menggunakan fleksibilitas akrual untuk menyajikan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tanggung jawab sosial perusahaan memiliki perpektif oportunistik yang mempengaruhi manajemen laba, dan/atau sebaliknya, serta menguji apakah direksi wanita, dan direksi independen mempengaruhi hubungan timbal balik tersebut. Dalam penelitian yang menggunakan sampel perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia yang menerbitkan laporan keberlanjutan periode 2016-2020 berturut-turut. Dengan tahapan awal mengeliminasi sampel di luar kriteria, dilanjutkan dengan pengumpulan, serta pemrosesan data menggunakan penglolah software Eviews. Untuk mendapatkan gambaran data pada tiap variabel dalam sampel, sebelum uji regresi pengolah data menjalankan keluaran yang berupa statistik deskriptif. Selain ringkasan rentang data keluaran statistik deskriptif juga dapat mengantisipasi adanya data yang menyimpang terlalu jauh. Keluaran dari uji regresi terdapat hasil bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) dengan kehadiran direksi independen akan menghambat praktik manajemen laba. Yang membuktikan direksi independen merupakan cerminan dari tata kelola yang efektif sehingga mengurangi agency cost. Namun informasi asimetris menyebabkan adanya penghalang mengetahui konsekuensi pengungkapan (CSR), untuk itu informasi dengan yang transparan. Kata Kunci: manajemen laba, CSR, oportunistik, direksi wanita, dan direksi ındependen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Accounting
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:34
Last Modified: 25 Nov 2022 03:34
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4731

Actions (login required)

View Item View Item