Perancangan dan Pengembangan Simulasi Gerak Hewan Jenis Equidae Menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Pada Animasi

Nagano, Nagano (2022) Perancangan dan Pengembangan Simulasi Gerak Hewan Jenis Equidae Menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Pada Animasi. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1831156_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia sudah meningkat dan terjadi dengan sangat dinamis. Perkembangan tersebut berdampak pada beberapa bidang seperti bidang ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan, dan hiburan. Perkembangan teknologi di dunia pendidikan juga mempengaruhi bidang animasi, khususnya animasi 3D. Media animasi 3D dapat menjadi media yang tepat untuk mengamati gerakan hewan Equidae. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan membuat perencanaan simulasi gerak hewan Equidae dengan memanfaatkan animasi 3D. Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) untuk merancang simulasi gerakan hewan Equidae dengan menggunakan aplikasi Autodesk Maya dan Adobe Premiere Pro. Berdasarkan hasil implementasi, tingkat kemiripan pola gerak hewan pada video dan pembuatan animasi menghasilkan tingkat kemiripan di setiap gerakan. Hasil dari perancangan ini disebarluaskan melalui media sosial seperti Whatsapp, Line, Instagram dan diunggah ke Youtube yang mendapatkan respon positif dan baik dari pengguna. Kata Kunci: Animasi 3D, Metode MDLC, Simulasi 3D hewan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > Information technology
Divisions: School of Computer Science > Information System
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 17 Nov 2022 09:44
Last Modified: 17 Nov 2022 09:44
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4683

Actions (login required)

View Item View Item