Armansyah, Melvin Nicholas (2022) Perancangan Game Edukasi “Math Maze” dalam Materi Matematika SMA Kelas X Berbasis Unity 3D. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
Text
1831053_FF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Matematika merupakan ilmu dasar yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun begitu banyak anak-anak yang kesulitan memahaminya di sekolah. Anak cenderung menyukai bermain game daripada belajar karena game sangat mengasyikkan dan kompetitif, seperti ingin mendapat nilai tertinggi dari anak lain. Kecanduan game sangat berbahaya, anak-anak cenderung mudah emosi jika kalah saat bermain game. Namun, jika game edukasi dirancang sedemikian rupa sehingga anak-anak dapat bermain dan belajar dengan tenang, itu sangat membantu. Dalam penelitian ini, penulis merancang sebuah game edukasi yang disebut “Math Maze” untuk membantu siswa dalam belajar matematika khususnya pada mata pelajaran bilangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game “Math Maze” sebagai media latihan angka dalam matematika dan menguji keefektifan game “Math Maze” sebagai media pembelajaran. Peserta penelitian desain game “Math Maze” ini adalah siswa kelas 10. Model pengembangan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mempermudah siswa dalam memahami materi bilangan dalam matematika melalui permainan “Math Maze”. Kata kunci: Game Edukasi, Math Maze, Matematika, UNITY 3D, ADDIE
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > Information technology |
Divisions: | School of Computer Science > Information System |
Depositing User: | Rio Gusma Hendra |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 02:53 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 02:53 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4629 |
Actions (login required)
View Item |