Monalissa, Monalissa (2015) Perancangan Media Pembelajaran Biologi Tentang Sistem Pencernaan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
|
Text
S-1131061-cover_id.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
S-1131061-abstract_in.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
S-1131061-table_of_contents.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
S-1131061-chapter1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
S-1131061-chapter2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
S-1131061-chapter3.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
S-1131061-chapter4.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
S-1131061-chapter5.pdf Download (730kB) | Preview |
|
|
Text
S-1131061-bibliography.pdf Download (651kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan saat ini masih banyak yang menggunakan pembelajaran bersifat konvensional, dimana para guru hanya berdiri menulis di papan tulis kemudian siswa diminta mencatat dan menghafal materi yang disampaikan. Pembelajaran seperti ini cenderung membuat para siswa jenuh sehingga siswa kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Dalam hal ini termasuk dalam pelajaran di SMP kelas VIII yang cara pengajaran masih bersifat konvensional. Dengan keadaan ini membuat penulis berpikir untuk membuat suatu aplikasi pembelajaran. Aplikasi pembelajaran yang ingin dirancang oleh penulis adalah aplikasi pembelajaran dalam bidang biologi, khususnya sistem pencernaan. Dalam penelitian ini, peneliti merancang aplikasi pembelajaran sistem pencernaan yang berbasis multimedia interaktif menggunakan metode Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK). Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) merupakan suatu sistem pembelajaran dengan suatu bentuk pembelajaran yang menempatkan komputer sebagai piranti sistem pelajaran individu, dimana siswa dapat berinteraksi langsung dengan sistem komputer yang sengaja dirancang atau dimanfaatkan oleh guru. Program yang digunakan untuk mendukung pembuatan aplikasi tersebut yaitu Adobe Flash yang merupakan gabungan konsep pembelajaran dengan teknologi audiovisual yang mampu menghasilkan fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan. Pembuatan animasi yang menggambarkan pembelajaran sistem pencernaan yang meliputi pembuatan gambar, pemberian efek gerak yang menggunakan ActionScript. Hasil yang didapat adalah sebuah aplikasi pembelajaran biologi tentang sistem pencernaan yang mengacu pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem pencernaan manusia, Multimedia, Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK), Adobe Flash CS6. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | School of Computer Science > Information System |
Depositing User: | Muhlis Muhlis |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 04:41 |
Last Modified: | 21 Jun 2018 04:41 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/427 |
Actions (login required)
View Item |