Rahayu, Dewi Cahaya (2022) Analisis Pengukuran Kepuasan Pasien Melalui Dimensi Kualitas Pelayanan Puskesmas Berstatus Terakreditasi Di Kota Batam. Master thesis, Universitas Internasional Batam.
Text
1944039_FF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Kepuasan pelanggan dengan produk atau layanan perusahaan sering kali dipandang sebagai kunci sukses dan jangka panjang perusahaan dalam mempertahankan daya saing. Puskesmas Sebagai salah satu pelayanan publik di bidang kesehatan akan selalu dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu dan berkualitas kepada masyarakat. Salah satu cara menilai mutu dan kualitas layanan puskesmas adalah dengan akreditasi puskesmas. Akreditasi puskesmas berkaitan erat dengan dimensi kualitas pelayanan. Akreditasi dikaitkan dengan peningkatan kepercayaan dan kepuasan pasien dengan prosedur dan kualitas layanan, serta penurunan jumlah kekhawatiran dan keluhan. Mengukur kepuasan yang telah teruji digunakan dalam berbagai bidang jasa pelayanan termasuk kesehatan adalah dengan mengukur lima dimensi mutu pelayanan yaitu kehandalan atau Reliability, daya tanggap atau responsiveness , jaminan atau assurance, empati dan wujud nyata atau tangible. Penelitian dilakukan dengan purposive sampling pada pasien di Puskesmas sebanyak 384 orang responden yang diambil dari 19 puskesmas yang terdapat di 12 kecamatan yang berada di Kota Batam. Penelitian ini diuji dengan metode regresi linear berganda untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini, angka yang diperoleh membuktikan bahwa kehandalan dan empati tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan namun sebaliknya daya tanggap, jaminan, dan wujud nyata yang dilakukan puskesmas dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pelanggan Puskesmas. Kata kunci: Akreditasi, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, Kepuasan Pelanggan
Item Type: | Thesis (Master) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | School of Economic and Business > Master of Management |
Depositing User: | Rio Gusma Hendra |
Date Deposited: | 28 Apr 2022 03:11 |
Last Modified: | 28 Apr 2022 03:11 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4211 |
Actions (login required)
View Item |