Analisa Kinerja Operasional Rute Bus Pilot Project Di Kota Batam (Studi Kasus: Rute Sekupang–Batam Centre)

Asmaesha, T. Adliza (2009) Analisa Kinerja Operasional Rute Bus Pilot Project Di Kota Batam (Studi Kasus: Rute Sekupang–Batam Centre). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img]
Preview
Text
S-0511006-abstract_idp.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-0511006-bibliographyp.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-0511006-chapter1p.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-0511006-chapter2p.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
S-0511006-chapter3p.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
S-0511006-chapter4p.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img]
Preview
Text
S-0511006-chapter5p.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-0511006-cover_idp.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
S-0511006-table_of_contentsp.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan sehari-hari, pada saat ini Bus Pilot Project merupakan salah satu kendaraan umum yang cukup diminati oleh masyarakat kota Batam. Untuk mengetahui tingkat efektifitas dan efisiensi dari rute yang telah ada maka perlu dilakukan analisa kinerja dan operasional rute Bus Pilot Project agar dapat memberikan prediksi terhadap tingkat keberhasilan pencapaian tujuan awal dari pengoperasian Bus Pilot Project. Analisa data dilakukan dengan menggunakan konsep analisa terhadap tingkat pelayanan Bus Pilot Project dengan data-data yang diperoleh dari survey dan terdiri dari perhitungan perpindahan penumpang, perhitungan faktor muat / load factor setiap pemberhentian, dan variasi frekuensi jumlah penumpang. Sedangkan data yang didapatkan dari PT. DAMRI dan Dinas Perhubungan Kota Batam menggunakan analisa terhadap evaluasi tarif yang terdiri dari perhitungan tarif pokok, perhitungan tarif rata-rata satu kali perjalanan (BEP), dan perhitungan tarif angkutan umum penumpang kota. Lokasi survey berada pada rute Sekupang-Batam Centre. Survey dilakukan di atas Bus Pilot Project dan di halte dimana tahap pelaksanaannya terdiri dari survey penumpang naik turun dan wawancara. Adapun data yang diperoleh berupa jumlah penumpang naik dan turun pada setiap halte, waktu perjalanan, waktu isi pada masing-masing halte, jarak yang ditempuh pada satu kali trip, kecepatan rata-rata, dan tingkat perpindahan alat angkut. Selain itu terdapat pula data yang berasal dari PT. DAMRI dan Dinas Perhubungan Kota Batam seperti data pihak-pihak yang terlibat di dalam pengoperasian bus, pendapatan rata-rata perbulan, biaya operasional dan biaya perawatan perbulan Dari hasil analisa yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat perpindahan penumpang dari Bus Pilot Project ke angkutan umum yang lain atau sebaliknya relatif tinggi. Bila ditinjau dari analisa frekuensi jumlah penumpang, diketahui bahwa frekuensi jumlah penumpang pada waktu jam sibuk dan di luar jam sibuk cukup baik yaitu sebesar 97% artinya jumlah penumpang yang menggunakan Bus Pilot Project relatif stabil. Ditinjau dari kapasitas penumpang, diketahui bahwa kapasitas penumpang rata-rata untuk seluruh rute belum mampu mencapai load factor yang sesuai dengan ukuran perhitungan yang digunakan untuk penetapan tarif. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk sampai di tujuan pada saat jam sepi lebih lama bila dibandingkan dengan jam sibuk. Untuk tarif penumpang yang berlaku di lapangan pada saat ini yaitu sebesar Rp. 3.000,00 per penumpang jauh di bawah perhitungan tarif yang telah dilakukan yaitu sebesar Rp. 8.660,91 per penumpang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bus Pilot Project, rute, tingkat pelayanan, tarif.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: School of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:05
Last Modified: 02 Apr 2018 04:05
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item