Perancangan Aplikasi Pembelajaran Metamorfosis Hewan Menggunakan AR Book untuk Siswa Kelas VI

Waryanto, Indra (2020) Perancangan Aplikasi Pembelajaran Metamorfosis Hewan Menggunakan AR Book untuk Siswa Kelas VI. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img]
Preview
Text
s-1631019-abstract-en.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1631019-abstract-id.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1631019-bibliography.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1631019-chapter1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1631019-chapter2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
s-1631019-chapter3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
s-1631019-chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
s-1631019-chapter5.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1631019-cover-id.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Augmented Reality merupakan salah satu teknologi yang dikembang di smartphone, dan dapat menyampaikan informasi yang dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna. Salah satu mata pelajaran yang dapat menggunakan teknologi ini adalah biologi mengenai metamorfosis pada hewan dimana Augmented Reality akan menampilkan visual animasi dan audio untuk menjelaskan pelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi augmented reality yang dapat membantu siswa untuk belajar metamorfosis hewan. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dimana proses metode dilakukan dengan 6 tahap, yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi yang digunakan untuk merancang aplikasi Augmented Reality yaitu Unity dan Vuforia. Hasil dari penelitian ini adalah laporan dari hasil uji coba atau pengujian yang telah dilakukan setelah aplikasi terancang. Kesimpulan dari penelitian ini dilihat dari penilaian-penilaian guru sekolah yang menyatakan bahwa aplikasi augmented reality dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang mudah dan tepat dalam menyampaikan informasi kepada siswa. ********************************************************************** Augmented Reality is one of a technology developed in smartphones and can convey information to be easily understandable by users. One of the subject that can use this technology is biology regarding metamorphosis in animals where Augmented Reality displays visual animation and audio to explain the lesson. The purpose of this study was to design an augmented reality application that could help students to learn animal metamorphosis. This research used the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method where the method was carried out in 6 stages, which were concept, design, material collection, manufacturing, testing, and distribution. Applications used to design Augmented Reality application were Unity and Vuforia. The results of this study are result’s reports of the trials or tests conducted after the application designed. Conclusions of this study are based on the school teacher assessments who stated that the Augmented Reality application can be used as an easy and appropriate learning media to convey information for students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Similarity: 23
Uncontrolled Keywords: augmented reality, unity, vuforia, mdlc, animation, animal metamorphosis
Subjects: T Technology > Information technology
Divisions: School of Computer Science > Information System
SWORD Depositor: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Depositing User: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Date Deposited: 28 Apr 2020 08:04
Last Modified: 28 Apr 2020 08:06
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/2370

Actions (login required)

View Item View Item