Hafiz, Fadli Al (2016) Perancangan Dynamic Positioning Heading Hold Controller Dan Transfer Keeping Menggunakan Metode Pid Bebrbasih Mikrokontroller. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
|
Text
S-1221017-cover_id.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
S-1221017-table_of_contents.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
S-1221017-abstract_id.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
S-1221017- bibliography.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
S-1221017- chapter 1.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
S-1221017- chapter 2.pdf Download (580kB) | Preview |
|
Text
S-1221017- chapter 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
Text
S-1221017- chapter 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
||
|
Text
S-1221017- chapter 5.pdf Download (132kB) | Preview |
Abstract
Kapal barang dapat melakukan transfer barang pada pelabuhan maupun pada tengah lautan. Untuk melakukannya kapal barang harus menjaga jarak antara badan kapal dengan dinding dermaga atau dengan kapal lain untuk menghindari kerusakan pada kapal yang diakibatkan oleh benturan. Dynamic Positioning merupakan salah satu solusi bagi kapal untuk mempertahankan posisi kapal. Dynamic positioning merupakan sistem otomatis yang dapat mempertahankan posisi kapal pada lokasi yang tetap. Penelitian Dynamic Positioing dalam aspek control fungsi heading hold controller dan transfer keeping telah dilakukan oleh Rafi Firman Saputra dari Universitas Internasional Batam pada Tahun 2015. Rafi Firman Saputra membuat sistem sederhana dan direalisasikan pada skala laboratorium, namun sistem yang dirancang menggunakan single reference atau sistem sekali input. Pada sistemnya sudut referensi yang telah ditentukan di awal tidak dapat diubah sewaktu-waktu oleh user dan menggunakan metode fuzzy. Sistem yang akan dibuat ditujukan terhadap pengembangan sistem input referensi dan juga beberapa kelemahan dari sistem sebelumnya. Perancangan ini meliputi perancangan perangkat keras (hardware) dan sistem perancangan (software). Dengan menggunakan metode PID sebagai pengolah data. Metode PID adalah motode pengontrolan matematis yang cocok untuk menentukan akurasi dibandingkan dengan fuzzy yang merupakan logia klasik. Dengan menggunakan metode ini maka akan diprogram agar Dynamic positioning yang dirancang dapat diubah nilai referensinya sesuai dengan keinginnan user. Hardware yang akan dibuat adalah badan kapal dengan panjang 95cm, lebar 30cm, dan tingginya 15cm. serta sistem control elektroniknya serupa sensor kompas untuk fungsi heading hold controller dan sensor ultrasonik untuk fungsi transfer keeping, dan mikrokontroller sebagai media untuk pengontrolnya. Outputnya berupa kecepatan thruster.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dynamic Positioning Sistem, Heading Hold Controller, Transfer Keeping, stepoint |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Divisions: | School of Industrial Technology > Electrical Engineering |
Depositing User: | kurniawan jefri |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 09:47 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 09:47 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/183 |
Actions (login required)
View Item |