Tinjauan Yuridis Terhadap Pelayanan Publik dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi Golongan A ( Sim A ) di Polresta Barelang Kota Batam

Sukardi, Sukardi (2019) Tinjauan Yuridis Terhadap Pelayanan Publik dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi Golongan A ( Sim A ) di Polresta Barelang Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img]
Preview
Text
s-1551073-abstract-en.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1551073-abstract-id.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1551073-bibliography.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1551073-chapter1.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1551073-chapter2.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1551073-chapter5.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1551073-cover-id.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Penulisan penelitian dengan judul " Tinjauan Yuridis Terhadap Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi Golongan A ( SIM A ) Di Polresta Barelang Kota Batam " dibuat untuk mencapai 2 (dua) tujuan, yaitu untuk mengetahui pelaksanaan proses pembuatan SIM khususnya SIM A di Polresta Barelang Kota Batam dan untuk mengetahui apakah hukum yang mengatur hal dalam hal pembuatan SIM khususnya SIM A dan pelayanan publik sudah berlaku secara efektiv di lingkungan pelayanan Polresta Barelang Kota Batam. Metode penelitian yang digunakan Peneliti dalam membuat skripsi ini merupakan metode penelitian yuridis empiris dengan kata lain merupakan sebuah penelitian sosiologi dengan fungsi hukum, bagaimana hukum tersebut diterapkan melihat bagaimana yang sebenarnya terjadi didalam keadaan lingkungan masyarakat. Sebagaimana apakah pelayanan yang diberikan dalam proses penyelenggaraan pembuatan Surat Izin Mengemudi sudah sesuai dengan yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik yang dilengkapi dengan Standar Pelayanan yang ditetapkan oleh Polresta Barelang Kota Batam. Berdasarkan pada hasil wawancara dan observasi Peneliti menyimpulkan bahwa masih terdapat kekurangan yang perlu ditingkatkan oleh petugas pelaksana pembuatan Surat Izin Mengemudi, baik dalam hal kecepatan dalam menerbitkan sebuah Surat Izin Mengemudi maupun kedisplinan petugas pelaksana dalam melaksanakan tugas yang diberikan. Petugas dalam memberikan sebuah pelayanan harus memberikan pelayanan yang berpedoman pada Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik dan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan dengan tujuan mencapai Pelayanan yang prima ********************************************************************** Writing research with the title "Juridical Review of Public Services in Terms of Making Driving License Category A ( A DL ) in Polresta Barelang Batam City " was made to achieve 2 (two) objectives, namely to find out the implementation of the process of making a Driving License especially A Driving License in Polresta Barelang Batam City and to find out whether the law governing matters in terms of making Driving License, especially A Driving License and public services, has been effective in the service environment of Polresta Barelang Batam City. The research method used by researchers in making this thesis is an empirical juridical research method in other words is a sociological research with a legal function, how the law is applied to see how it actually happens in the community environment. As to whether the services provided in the process of organizing the Driving License are in accordance with what has been regulated in Law Number 25 of 2009 concerning Public Services that is equipped with Service Standards set by the Polresta Barelang Batam City. Based on the results of interviews and observations Researchers concluded that there are still shortcomings that need to be improved by the officer implementing the Driving License, both in terms of rate in issuing a Driving License and the discipline of the executive officer in carrying out the tasks assigned. Officers in providing a service must provide services that are guided by the General Principles of Good Governance and Service Standards that have been set with the aim of achieving excellent service

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Similarity: 22
Uncontrolled Keywords: Public Service, Driving License, Excellent Service
Subjects: K Law
Divisions: School of Law > Law Science
SWORD Depositor: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Depositing User: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Date Deposited: 21 Oct 2019 07:06
Last Modified: 21 Oct 2019 07:06
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/1759

Actions (login required)

View Item View Item