Kurniawaty, Cindy (2019) Analisis Pengaruh EWOM Terhadap Sikap Turis Mancanegara dan Keinginan Melakukan Perjalanan ke Kota Batam Sebagai Sebuah Destinasi. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
|
Text
s-1541422-abstract-en.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
s-1541422-abstract-id.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
s-1541422-bibliography.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
s-1541422-chapter1.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
s-1541422-chapter2.pdf Download (835kB) | Preview |
|
|
Text
s-1541422-chapter5.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
s-1541422-cover-id.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Batam menempati peringkat ketiga dalam pariwisata nasional, mengingat letak nya yang strategis dan mendatangkan keuntungan bagi perkembangan pariwisata itu sendiri. Wisatawan yang datang berkunjung ke Negara atau suatu daerah lain pastinya membutuhkan sebuah informasi sebelum berkunjung, salah satu cara mendukung sektor pariwisata adalah dengan memberikan kemudahan informasi bagi para wisatawan nya. Salah satu sarana yang dapat mendukung promosi pariwisata adalah media sosial atau bahkan mengakses informasi dan ulasan tersebut dari internet yang biasa dikenal dengan istilah Electronic Word-of-mouth (EWOM). Perkembangan pariwisata dapat dilihat dari keinginan berkunjung wisatawan, untuk memajukan pariwisata di kota Batam maka dilakukan nya penelitian pada niat perjalanan untuk mengetahui seberapa besar niat berkunjung wisatawan menurut perspektif wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh EWOM terhadap sikap turis mancanegara dan keinginan melakukan perjalanan. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling. Jumlah sample yang diuji adalah 296 reponden wisatawan. Metode stastistik dalam melakukan hipotesis penelitian yaitu regresi berganda. Hasil uji penelitian menyatakan bahwa EWOM berpengaruh positif terhadap sikap turis mancanegara. Sikap turis berpengaruh positif terhadap keinginan melakukan perjalanan. EWOM berpengaruh positif terhadap keinginan melakukan perjalanan. ********************************************************************** Batam ranks third in national tourism, given its strategic location and benefits for tourism development itself. Tourists who come to visit the country or another area certainly need an information before visiting. To support the tourism in the country is to provide easy-access information for tourists. One of the ways to support tourism promotion is social media or even accessing information and reviews from the internet, commonly known as Electronic Word-of-mouth (EWOM). The development of tourism can be seen from the desire of travel intention of a tourists, to improve tourism in the city of Batam, the conducted research is to know the travel intention according to the perspective of foreign tourists. Therefore, this study aims to analyze the influence of EWOM on foreign tourists’ attitude and travel intention. This study used non-probability sampling methods. The number of samples tested were 296 tourist respondents. The statistical method used to test the research hypothesis is multiple regression. The results of the research test stated that EWOM had a positive effect on foreign tourists' attitude. Foreign tourists' attitude has a positive effect on travel intention. EWOM has a positive effect on travel intenion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Similarity: 23 |
Uncontrolled Keywords: | EWOM, Foreign tourists’ attitude, Travel intention |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > Travel. Voyages and travels (General) > Travel and state. Tourism |
Divisions: | School of Economic and Business > Accounting |
SWORD Depositor: | Admin Repository Universitas Internasional Batam |
Depositing User: | Admin Repository Universitas Internasional Batam |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 07:08 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 07:08 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/1586 |
Actions (login required)
View Item |