Analisis Kinerja Ruas Jalan Berdasarkan Tingkat Pelayanan Jalan (Studi Kasus : Jalan Brigjen Katamso Batam)

Sumarjoki, Sumarjoki (2018) Analisis Kinerja Ruas Jalan Berdasarkan Tingkat Pelayanan Jalan (Studi Kasus : Jalan Brigjen Katamso Batam). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img]
Preview
Text
S_1411030_chapter1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
S_1411030_chapter2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
S_1411030_chapter3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
S_1411030_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
S_1411030_chapter5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak Transportasi adalah sebuah proses yang bertujuan untuk memindahkan barang atau orang dari sebuah lokasi ke lokasi lainnya. Kurangnya kapasitas jalan dan kinerja jalan yang kurang maksimal selalu menjadi permasalahan umum yang terjadi. Negara Indonesia adalah negara yang pertumbuhan penduduk yang tinggi dan berbanding lurus dengan penggunaan kendaraan pribadinya. Pertumbuhan ekonomi dan industri di Kota Batam cukuplah pesat, dan memiliki penduduk sebesar 1.236.399 jiwa menurut data BPS tahun 2016. Pertumbuhan penduduk yang tinggi dapat meningkatkan kebutuhan akan sarana transportasi di Kota Batam, sehingga harus melakukan langkah yang sesuai untuk menanggulanginya. Salah satunya adalah menambahkan fasilitas infrastruktur berupa pelebaran jalan, pembangunan jalan baru, infrastruktur lain sebagai penopang jalan yang harus dibangun di lokasi-lokasi yang menghubungkan jaringan jalan perkotaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja ruas jalan Jalan Brigjen Katamso dengan tingkat pelayanan jalanya serta memperkirakan kinerja ruas Jalan Brigjen Katamso 5 tahun yang akan datang. Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997)menjadi landasan dari metode yang di pakai. Berdasarkan survey yang dilakukan didapatkan kapasitas untuk Jalan Brigjen Katamso adalah 3234 smp/jam untuk kedua arah yaitu Arah Batu Aji – Tanjung Uncang dan Tanjung Uncang – Batu Aji. Untuk volume pada arah Batu Aji – Tanjung Uncang yaitu 1410,8 smp/jam dan untuk arah Tanjung Uncang – Batu Aji yaitu 1957,15. Derajat kejenuhan pada arah Batu Aji – Tanjung Uncang adalah 0,44 dan tingkat pelayan jalan ada pada level B sedangkan untuk derajat kejenuhan pada arah Tanjung Uncang – Batu Aji adalah 0,61 dan tingkat pelayanan jalan ada pada level C. Perkiraan kinerja jalan di 5 tahun yang akan datang arus lalu lintas pada arah Batu Aji – Tanjung Uncang adalah 2029,50 smp/jam dan tingkat pelayanan jalanya adalah C, untuk arah Tanjung Uncang – Batu Aji adalah 2781,67 smp/jam dan tingkat pelayanannya adalah E. Kata kunci: Transportasi, Kapasitas, Volume, Kinerja Jalan, Prediksi Kinerja. ******************************************************************* Transportasion is a process that have a purpose to move stuff or people from one location to another location. Lack of road capacity and less optimal performance of the road always be a problem that always occur. Indonesia is a nation with high population growth and it is directly proportional to the growth of the personal vehichle. Economic and industrial growth in Batam is really fast and has a population of 1.236.399 people according to BPS data in 2016. High population growth can increase the need of transportation facilities in Batam, so it must take appropriate steps to overcome them. Like adding infrastructure facilities in the form of road widening, contruction of new roads, and othe infrastructure as road supports that must be built in location tha connect the urban road network. The purpose of this study was to determine the performance of Brigjen Katamso road with the level of service and to estimate the performance of Brigjen Katamso Road for the next 5 years. The 1997 Indonesian Road Capacity Manual (MKJI 1997) forms the basis of the method used. Based on the survey, it was found that the capacity for Brigjen Katamso Road was 3234 pcu/hour for both directions, from Batu Aji to Tanjung Uncang and from Tanjung Uncang to Batu Aji. For volumes in the direction of Batu Aji to Tanjung Uncang is 1410,8 pcu/hour and for the direction of Tanjung Uncang to Batu Aji 1957,15 pcu/hour . the degree of saturation in the direction of Batu Aji to Tanjung Uncang is 0,44 and the level of road services is at level B and for degree of saturation at the direction of Tanjung Uncang to Batu Aji is 0,61 and the level of road services is at level C. Estimated road performance for next 5 years, the volumes in the direction of Batu Aji to Tanjung Uncang is 2029,50 pcu/hour and the level of road services is at level C, for the direction of Tanjung Uncang to Batu Aji us 2781,67 pcu/hour and the level of road services is E. Kata kunci: Transportation, Capacity, Volume, Performance of Road, Performance Prediction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Similarity: 17
Uncontrolled Keywords: Transportation, Capacity, Volume, Performance of Road, Performance Prediction
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: School of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
SWORD Depositor: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Depositing User: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Date Deposited: 02 Nov 2018 07:18
Last Modified: 09 Jan 2019 11:19
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item