Analisis Cardholder’s Attitude dan Credit Card Usage di Batam

William, Leeonil (2009) Analisis Cardholder’s Attitude dan Credit Card Usage di Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Leeonil Wiliam_0341083.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)

Abstract

Kota batam merupakan salah satu kota yang memiliki peluang investasi yang sangat besar jika dibandingkan dengan kota lainnya di Indonesia. Hal ini didukung karena letak strategisnya yang berdekatan dengan Singapura dan juga Malaysia. Melihat dari sisi ini, membuka peluang besar bagi perbankan di kota batam untuk dapat menawarkan berbagai jenis produk perbankan dengan tujuan untuk berperan sebagai penunjang dalam pertumbuhan ekonomi di kota batam. Dari berbagai jenis produk perbankan yang ada, kartu kredit menjadi salah satu produk yang menjadi fokus untuk memperbesar peluang bisnis di dunia perbankan. Untuk meningkatakan penjualan terhadap kartu kredit tersebut, maka perbankan perlu memperhatikan sikap konsumen terhadap penggunaan kartu kredit dengan meningkatkan kualitas fitur-fitur dari kartu kredit tersebut. Berdasarkan penjelasan diatas, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Cognitive Evaluation, Relative Importance dan Cardholder’s Attitude terhadap Credit Card Usage. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna kartu kredit yang ada di batam. Metode survei yang digunakan adalah metode convenience sampling, dengan cara membagikan kuesioner kepada pengguna kartu kredit yang ada di Batam. Data yang disebarkan sebanyak 154 responden dengan tingkat pengembalian sebanyak 154 responden atau 100%. Analisa data ini menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Cognitive Evaluation dan Relative Importance memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Cardholder’s Attitude dan Cardholder’s Attitude tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Credit Card Usage. Kata Kunci: Cognitive Evaluation, Relative Importance, Cardholder’s Attitude, Credit Card Usage

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:18
Last Modified: 16 Jul 2024 04:18
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5991

Actions (login required)

View Item View Item