Perbedaan Brand Extension Terhadap Perceived Similarity dan Service Intensiveness

Razali, Buntara (2009) Perbedaan Brand Extension Terhadap Perceived Similarity dan Service Intensiveness. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Buntara Razali_0541114.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Brand merupakan salah satu intangible asset terpenting perusahaan sehingga perlu dibina dengan baik. Brand equity yang baik mempunyai karakteristik jangka panjang yang akan memberikan dampak positif berupa competitive advantage untuk menghadapi kompetisi. Setelah mencapai mature stage suatu perusahaan mungkin akan menawarkan produk turunan dengan menggunakan brand equity yang telah dibina sebagai suatu leverage untuk produk baru yang ditawarkan, baik dibidang barang maupun jasa, itulah yang disebut dengan brand extension. Peneilitian ini menguji hubungan parent brand dengan brand extension khususnya pada extension yang berbasis jasa. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan empat cabang perusahaan yang masing-masing mempunyai karakteristik perceived similarity dan service intensiveness yang berbeda, untuk menguji hubungan brand extension ke-empat cabang dengan brand equity parent company beserta hubungan timbal baliknya. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang telah mengenal baik dengan parent company serta pernah menggunakan produk yang ditawarkan oleh salah satu cabang perusahaan yang telah ditentukan. Penelitian ini diuji dengan menggunakan sampel dengan jumlah 235 responden. Metode yang digunakan berupa survei yaitu membagikan kuesioner kepada sampel yang telah ditentukan di atas. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa perceived similarity mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap sikap konsumen dalam mengevaluasi brand yang dituju. Sedangkan service intensiveness tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap konsumen dalam mengevaluasi brand yang dituju. Kata kunci: Brand, Brand Equity, Brand Extension, Leverage, Parent Product, Perceived Similarity, Service Intensiveness

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:23
Last Modified: 03 Jul 2024 08:23
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5963

Actions (login required)

View Item View Item