Analisis Hubungan Marketing Outcomes Terhadap Consumer Unethical Behavior

Andi, Andi (2007) Analisis Hubungan Marketing Outcomes Terhadap Consumer Unethical Behavior. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Andi_0341041.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Etika merupakan suatu prinsip moral dan standar yang memberikan petunjuk kepada perilaku seseorang atau kelompok didalam mengseleksi, membeli, memakai, dan menjual suatu produk atau jasa. Etika yang baik dari seorang pelanggan akan sangat dihargai oleh penjual. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana suatu hasil dari hubungan pemasaran (relationship marketing outcomes) bisa menghasilkan suatu komitmen dari pelanggan (affective commitment & behavioral loyalty) sehingga pelanggan tersebut akan bertingkah laku etik kepada penjual tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 114 responden di 4 supermarket di batam. Supermarket tersebut adalah Diamond supermarket, Top 100 supermarket, Hypermart, dan JC supermarket. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Responden yang sedang berbelanja diminta untuk mengisi kuisioner yang telah disediakan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa variabel affective commitment berpengaruh positif terhadap tingkah laku pelanggan, sedangkan pada variabel behavioral loyalty tidak ditemukan adanya pengaruh secara langsung terhadap variabel unethical behavior. Jadi dapat disimpulkan bahwa komitmen yang tinggi dari pelanggan kepada para ritel akan menghasilkan tingkah laku positif para pelanggan dalam berbelanja di suatu supermarket. Kata Kunci: Affective commitment, behavioral loyalty, supermarket, consumer unethical behavior

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 03 Jun 2024 10:24
Last Modified: 03 Jun 2024 10:24
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5887

Actions (login required)

View Item View Item