Analisis Pengaruh Strategic Orientation Terhadap Firm Perfomance Dengan New Product Development Sebagai Variabel Intervening pada Umkm Kuliner di Kota Batam

Innzelyn, Innzelyn (2021) Analisis Pengaruh Strategic Orientation Terhadap Firm Perfomance Dengan New Product Development Sebagai Variabel Intervening pada Umkm Kuliner di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1741316_FF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis aspek-aspek yang mempengaruhi kinerja pada UMKM Kuliner di Kota Batam. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu firm performance, selanjutnya untuk variabel intervening dalam penelitian ini adalah new product development, kemudian variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari market orientartion, technology orientation, entrepreneurial orientation. Kuesioner yang telah di sebarkan sebanyak 179 lembar, akan tetapi sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 150 lembar. Kuesioner dalam penelitian ini disebarkan kepada pemilik atau pengelola UMKM kuliner yang berada di kota Batam. Data diolah dengan menggunakan aplikasi smart PLS Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa entrepreneurial orientation memliki pengaruh yang signifikan terhadap new product development, kemudian technology orientation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap new product development, dan market orientation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap new product development, kemudian entrepreneurial orientation tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap firm performance, technology orientation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap firm performance, dan market orientation tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap firm performance, selanjutnya new product development memiliki pengaruh yang signifikan terhadap firm performance, kemudian entrepreneurial orientation, technology orientation dan market orientation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap firm performance dengan new product development sebagai variabel intervening. Kata kunci :firm performance, new product development, technology orientation, market orientation, entrepreneurial orientation, UMKM Kuliner

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Julfitri
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:16
Last Modified: 21 Jun 2021 07:16
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/3505

Actions (login required)

View Item View Item