Perancangan Game Berbasis Desktop VR Sebagai Media Pembelajaran Hiragana dan Katakana dengan Unity Engine

Tommy, Tommy (2020) Perancangan Game Berbasis Desktop VR Sebagai Media Pembelajaran Hiragana dan Katakana dengan Unity Engine. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img]
Preview
Text
s-1631063-abstract-en.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1631063-abstract-id.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1631063-bibliography.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1631063-chapter1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1631063-chapter2.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
s-1631063-chapter3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
s-1631063-chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
s-1631063-chapter5.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1631063-cover-id.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Pengetahuan yang paling penting dalam kehidupan manusia adalah bahasa, dan tentunya ada banyak bahasa asing selain bahasa yang kita tau. Dalam pembelajaran bahasa asing, ada banyak bentuk pendekatan dalam metode pengajaran, dan salah satunya adalah melalui game dan bentuk yang paling banyak pada game edukasi yaitu bentuk game simulasi. Dari semua bahasa asing yang ada, bahasa jepang merupakan bahasa yang sering di gunakan dalam hal bisnis dan merupakan bahasa yang susah di pelajari karena bahasa tersebut menggunakan jenis penulisan yang unik dibandingkan dengan alphabet. Tujuan dari proyek ini yaitu merancang suatu game berbentuk simulasi atau desktop VR sebagai sarana pembelajaran untuk mengajar basis bahasa jepang, yaitu hiragana dan katakana dengan menggunakan Unity Engine beserta dengan metode belajar cognitive learning yang cocok dengan bentuk game simulasi. Di bandingkan dengan full immerse VR, desktop VR lebih efisien untuk di gunakan karena tidak memerlukan perangkat keras khusus yang masih berharga mahal pada saat ini. Hasil dari proyek ini yaitu berupa game berbasis desktop VR yang dapat membantu sebagai media pembelajaran hiragana dan katakana. Dari hasil proyek yang telah di rancang, pemain sudah dapat mengingat bentuk dan arti dari konten yang ada pada game tersebut. Hal ini membuktikan bahwa game seperti ini dapat memotivasi pemain untuk belajar secara efisien dan menyenangkan. ********************************************************************** The most important knowledge in human life is language and, obviously, there are many foreign languages besides the languages that we know. In foreign language learning, there are many forms to approach teaching methods, one of them is through games and the most common form in educational games is the simulation games. Of all foreign languages, Japanese is the language oftenly used in business matters and a difficult language to learn because the language uses a unique type of writing compared to the usual alphabets. The purpose of this project was to design a game in the form of simulation game or desktop VR as learning tool to teach basics Japanese language, namely hiragana and katakana by using Unity Engine along with cognitive learning methods that is compatible with simulation based games. Compared to full immerse VR, desktop VR is more efficient to apply because it does not require special hardware that is still expensive at this time of speaking. The result of this project was a desktop VR based game that could help as learning tool for hiragana and katakana. From the results of the designed project, the player could at present recall the shape and meaning of content in the game. This proves that this kind of game can motivate players to learn efficiently and with fun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Similarity: 18
Uncontrolled Keywords: Learning Tool, Japanese Language, Desktop VR, Unity Engine.
Subjects: T Technology
T Technology > Information technology
Divisions: School of Computer Science > Information System
SWORD Depositor: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Depositing User: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Date Deposited: 28 Apr 2020 07:53
Last Modified: 28 Apr 2020 07:54
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/2365

Actions (login required)

View Item View Item