Analisa Pengaruh Penggunaan Geotag Terhadap Information Sharing Behavior Masyarakat Kota Batam

Junko, Yang (2018) Analisa Pengaruh Penggunaan Geotag Terhadap Information Sharing Behavior Masyarakat Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img]
Preview
Text
s-1441206-abstract-id.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1441206-approval-sheet.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1441206-bibliography.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1441206-chapter1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1441206-chapter2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
s-1441206-chapter3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
s-1441206-chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
s-1441206-chapter5.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1441206-cover-id.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Media sosial telah menjadi alat komunikasi dan berbagi informasi yang penting bagi masyarakat. Mudahnya membagi informasi dan mendapatkan informasi menarik banyak pengguna untuk lanjut menggunakan media sosial. Geotag sebagai salah satu fitur dalam media sosial dapat memberi sebuah pilihan bagi pengguna untuk membagi informasi mengenai suatu lokasi. Fitur geotag ini dapat memberi sebuah pilihan bagi pengguna untuk membagi pengalamannya selama mengunjungi suatu lokasi dan menjadi sarana pemasaran bagi pengelola lokasi. Dengan kata lain, penelitian ini ingin mengetahui signifikansi faktor pengaruh penggunaan geotag terhadap information sharing behavior masyarakat Kota Batam Penelitian ini menggunakan metode judgemental sampling yang merupakan non-probability sampling, yang artinya pemilihan sampel dipilih oleh peneliti sesuai dengan karakteristik yang cocok untuk penelitian ini. Sampel yang dipilih adalah pengguna fitur geotag di media Facebook dan Instagram. Penelitian ini menggunakan program SPSS versi 25.0 dan SmartPLS versi 3.0 untuk menganalisa hubungan antar variabel independen, variabel mediasi, dan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel enjoyment using geotag memiliki pengaruh signifikan terhadap geotag satisfaction namun tidak berpengaruh signifikan terhadap information sharing behavior. Variabel altruism tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap geotag satisfaction namun berpengaruh signifikan terhadap information sharing behavior. Variabel anticipated rewards memiliki pengaruh signifikan terhadap geotag satisfaction dan information sharing behavior. Variabel privacy unconcern juga memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel geotag satisfaction dan information sharing behavior. Variabel geotag satisfaction ditemukan memiliki pengaruh signifikan terhadap information sharing behavior. ********************************************************************** Social media is among the most important tool of communication and sharing information. The ease of using social media in gaining information and sharing information have been the reason to its popularity and success. Among the features in social media is geotag. This feature gives the user a way to share their location and information regarding the location. Other users can search information regarding a location through the post that has been geotagged. With that in mind, this research is done with the purpose of examining the reason of information sharing through geotag. The sampling method used for this research is judgmental sampling, which is a non-probability sampling method. The researcher will choose the sample by which he or she feels is a good fit for the research. The sample chosen are geotag users in Facebook and Instagram within Batam. This research will also use PLS-SEM method to analyze the relation between independent variable, mediating variable, and dependent variable. This research found that enjoyment using geotag, privacy unconcern, and anticipated rewards have significant effect towards geotag satisfaction, while altruism has no significant effect. Altruism, privacy unconcern, anticipated rewards, and geotag satisfaction have significant effect towards information sharing behavior while enjoyment using geotag has no significant effect towards information sharing behavior.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Similarity: 21
Uncontrolled Keywords: geotag, information sharing behavior, altruism, geotag satisfaction, enjoyment using geotag, anticipated rewards, privacy unconcern
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: School of Economic and Business > Accounting
SWORD Depositor: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Depositing User: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Date Deposited: 19 Dec 2018 07:45
Last Modified: 19 Dec 2018 07:46
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item