Analisis Pengaruh Pengalaman Wisatawan, Pandangan Wisata dan Kepuasan Menyeluruh Wisatawan Terhadap Keinginan Wisatawan untuk Berkunjung Kembali di Kota Batam

Hartanti, Novi (2019) Analisis Pengaruh Pengalaman Wisatawan, Pandangan Wisata dan Kepuasan Menyeluruh Wisatawan Terhadap Keinginan Wisatawan untuk Berkunjung Kembali di Kota Batam. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img]
Preview
Text
s-1541415-abstract-en.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1541415-abstract-id.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1541415-bibliography.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1541415-chapter1.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1541415-chapter2.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1541415-chapter5.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s-1541415-cover-id.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Industri pariwisata merupakan salah satu industri yang sedang berkembang secara pesat di Indonesia maupun negara lainnya. Negara yang sadar akan perkembanganan yang terjadi di sektor pariwisata ini mulai memperbaiki infrastruktur dan fasilitas yang mereka miliki, meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan. Berdasarkan data statistik, terdapat 1,007,446 turis mancanegara yang datang berkunjung ke Batam pada tahun 2010 dan selama 7 tahun, angka persentasi tersebut terus meningkat hingga 1,418,495 jiwa. Diantara banyaknya wisatawan yang berkunjung, beranekaragam pula tujuan yang dimiliki oleh wisatawan, serta pengalaman yang dimiliki oleh turis saat atau setelah melakukan kunjungan wisata ke Kota Batam. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meneliti faktor-faktor yang memberikan pengaruh minat turis untuk mengunjungi kembali Kota Batam, diantaranya pengalaman turis, pandangan wisatawan terhadap suatu tempat wisata dan kepuasan menyeluruh wisatawan akan suatu daerah wisata. Proses pengujian dalam penelitian ini mengangkat metode non-probability sampling. Jumlah keseluruhan sample yang di uji adalah 427 responden yang sebagian besar adalah wisatawan mancanegara dan sebagian kecil warga negara indonesia yang m di luar negeri. Hasil uji ini memaparkan variabel pengalaman wisatawan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pandangan destinasi, variabel pandangan destinasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan menyeluruh wisatawan, variabel pengalaman wisatawan dan kepuasan menyeluruh wisatawan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keinginan untuk mengunjungi kembali tetapi tidak dengan pandangan destinasi terhadap keinginan untuk mengunjungi kembali. ********************************************************************** Tourism industry is one among all those fast developing industry all around the world, let alone Indonesia. Our awareness of the on going development in this industry started to put the government into action by fixing up infrastructure and other related facilities, as well as improving all kind of service performance. According to statistic database recorded, 1.007.446 tourist has visited batam since the last 2010 and after 7 years, those number is increasing up to 1.418.495 visitors. Those reason above has cause variety of tourist culture background, their aim to visit as well as their past experience, during or after their visit. So, this research purpose is to analyse some factors that has the most impact towars tourist intention of returning to Batam City, such as tourist experience, destination perception and their overall satisfacton over tourist destination here in Batam. This research used one of those method called non-probability sampling and is a descriptive research. 427 responden is choosen as sample and most of them are international tourist and small part of Indonesian citizen who lives abroad. The result of this research pictured each and every variable tested, showing that tourist experience is significant and positively affecting destination perception, destination perception is significant and positively affecting tourist overall satisfaction. Overall satisfaction is not significantly affecting tourist returning intention, and tourist experience is significant and positively affecting tourist returning intention.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Similarity: 21
Uncontrolled Keywords: Tourist experience, destination image, destination perception, overall satisfaction, returning intention
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > Travel. Voyages and travels (General) > Travel and state. Tourism
Divisions: School of Economic and Business > Accounting
SWORD Depositor: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Depositing User: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Date Deposited: 19 Oct 2019 06:01
Last Modified: 19 Oct 2019 06:01
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/1740

Actions (login required)

View Item View Item