Perancangan Augmented Reality dalam Media Pembelajaran Sistem Anatomi Tumbuhan Sekolah Dasar Berbasis Android

Wendy, Wendy (2019) Perancangan Augmented Reality dalam Media Pembelajaran Sistem Anatomi Tumbuhan Sekolah Dasar Berbasis Android. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
s-1531110-abstract-en.pdf

Download (1MB)
[img] Text
s-1531110-abstract-id.pdf

Download (1MB)
[img] Text
s-1531110-bibliography.pdf

Download (1MB)
[img] Text
s-1531110-chapter1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
s-1531110-chapter5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
s-1531110-cover-id.pdf

Download (29kB)

Abstract

Perancangan media pembelajaran sistem anatomi tumbuhan ini mencakup materi sains tentang struktur tumbuhan yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Dengan augmented reality dalam aplikasi media pembelajaran ini dapat memberikan suatu kemudahan dalam kegiatan proses pembelajaran serta menciptakan sebuah aplikasi pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan mudah dimengerti bagi anak – anak. Aplikasi AR Plant ini dirancang dalam bentuk aplikasi android dengan menggunakan software Vuforia untuk membuat fitur marker, Autodesk Maya LT untuk merancang objek 3D, dan Unity 3D untuk merancang aplikasi augmented reality. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil dari perancangan yaitu menghasilkan sebuah media pembelajaran dengan menyajikan informasi yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi bagi pengguna. ********************************************************************** The development learning media with contains material about the structure of plants that are closely related to daily life. With Augmented Reality in the learning media, it is expected to give easiness for children in learning process activity and create an interesting innovation in media learning, fun and easy to understand for children learning process.The AR Plant is a android application which used a Vuforia to create the marker feature, Autodesk Maya LT to create 3D objects, and Unity 3D to create the Augmented Reality system. The development model was used a model of Multimedia Development Life Cycle (MDLC). The purpose of this research to create a media learning which presents information and expected to improve the effectivenes and efficiency for user.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Similarity: 20
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Anatomy Plant Sytem, Augmented Reality, Android, Application, MDLC
Subjects: T Technology
T Technology > Information technology
Divisions: School of Computer Science > Information System
SWORD Depositor: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Depositing User: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Date Deposited: 26 Feb 2019 19:53
Last Modified: 26 Feb 2019 19:54
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item