NIZAR, AGUS (2018) Analisis hambatan samping Terhadap tingkat pelayanan jalan (studi kasus : jalan imam bonjol,nagoya, batam). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
|
Text
S-1311031-cover_id.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
S-1311031-table_of_content.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
S-1311031-abstract_id.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
S-1311031-chapter1.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
S-1311031-chapter2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
S-1311031-chapter3.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
||
Text
S-1311031-chapter4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
S-1311031-conclusion.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
S-1311031-bibliography.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
Tingginya nilai hambatan samping pada suatu ruas jalan menyebabkan penurunan kinerja jalan. Besarnya hambatan samping sangat berpengaruh terhadap kapasitas ruas jalan dan kecepatan kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan kinerja lalu lintas pada beberapa kondisi hambatan samping dan mengetahui tingkat pelayanan jalan di Jalan Imam Bonjol, Batam. Pendataan volume dan hambatan lalu lintas pada jam puncak arus lalu lintas dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja ruas jalan. Data volume digunakan untuk perhitungan angka derajat kejenuhan ruas jalan tersebut. Kinerja jalan dibatasi pada kemampuan suatu ruas jalan dalam melayani arus lalu lintas (pergerakan) yang terjadi pada ruas jalan tersebut, di mana menurut MKJI 1997, kinerja jalan ditentukan oleh derajat kejenuhan (degree of saturation). Penelitian yang dilakukan berupa survei volume lalu lintas (LHR) untuk melihat tingkat kepadatan kendaraan. Survei hambatan samping untuk melihat besarnya pengaruh gangguan dan survei kecepatan sesaat baik terganggu dan tidak terganggu hambatan samping. Penelitian dilakukan pada 500 meter di ruas jalan Imam Bonjol (Ruas jalan dari Jodoh menuju Baloi, dan Ruas jalan dari Baloi menuju Jodoh). Perhitungan selanjutnya digunakan dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk Jalan Luar Kota. Dengan menggunakan aplikasi MKJI tahun 1997, hasil analisis dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan bahwa kapasitas jalan Imam Bonjol, untuk Ruas Jodoh ke Baloi 2856.5 smp/jam dan Ruas Baloi ke Jodoh 2406.5 smp/jam. Dengan demikian kondisi dari jalan tidak stabil, kecepatan rendah dan berbeda-beda, volume mendekati kepasitas dengan perbandingan antara volume lalu lintas dengan kapasitas jalan (rasio q/c), menunjukkan bahwa tingkat pelayanan pada masing-masing ruas termasuk dalam tingkat Pelayanan E dan C.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Derajat kejenuhan, Hambatan samping, Kapasitas jalan, volume. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | School of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering |
Depositing User: | Ferry S |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 07:37 |
Last Modified: | 21 Jun 2018 07:37 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/883 |
Actions (login required)
View Item |