Analisis Perilaku Impulsive Buying di Live Streaming Social-Commerce Tiktok

Gunajulian, Ade (2025) Analisis Perilaku Impulsive Buying di Live Streaming Social-Commerce Tiktok. Masters thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
2044062_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan social-commerce khususnya melalui platform TikTok, telah mendorong perubahan dalam perilaku belanja konsumen, terutama dalam konteks pembelian impulsif yang dipengaruhi oleh interaksi selama live streaming. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Presence of Live Streaming terhadap Arousal konsumen serta dampaknya terhadap impulsive buying. Model penelitian ini mencakup empat variabel utama, yaitu Social Presence of Broadcaster (SPB), Social Presence of Viewers (SPV), Social Presence of Live Streaming (SPLS) dan Arousal (AR), dengan hipotesis yang menghubungkan masing-masing variabel terhadap impulsive buying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 285 responden yang merupakan pengguna aktif TikTok Shop yang pernah berbelanja melalui live streaming. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki pengaruh signifikan. Social Presence of Broadcaster, Social Presence of Viewers, dan Social Presence of Live Streaming berpengaruh positif terhadap Arousal, dengan Social Presence of Live Streaming sebagai faktor yang paling dominan dalam meningkatkan rangsangan emosional konsumen. Selanjutnya, Arousal terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying, yang mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat rangsangan emosional yang dialami konsumen, semakin besar kecenderungan mereka untuk melakukan pembelian secara impulsif. Kata Kunci: Impulsive buying, Social Presence, Arousal, Live streaming, Social-commerce, TikTok

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Impulsive buying, Social Presence, Arousal, Live streaming, Social-commerce, TikTok
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > Business > Marketing. Distribution of products
Divisions: School of Economic and Business > Master of Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 31 Oct 2025 07:54
Last Modified: 31 Oct 2025 07:54
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/6524

Actions (login required)

View Item View Item