Benny, Benny (2009) Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen dalam Web Based Commerce di Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
Text
Benny_0531015.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dengan trend pertumbuhan internet dalam beberapa tahun terakhir ini, Indonesia menjadi pangsa pasar pengguna internet yang sangat potensial. Hasil pengamatan PT. Synovate Indonesia yang mengatakan bahwa sebagian besar pengguna internet di Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi yang berkenaan dengan barang yang ingin mereka beli sehingga hal tersebut menandakan potensi besar bagi bisnis online di Indonesia. Semakin banyaknya pengguna internet, diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat dalam melakukan pembelian barang atau jasa, yaitu pembelian secara konvensional melalui e-commerce. Metode yang digunakan penulis untuk mendapatkan hasil adalah dengan cara membagikan kuesioner kepada responden. Kuesioner dibagikan kepada responden melalui email yang dikirim pada grup diskusi ataupun anggota-anggota forum seperti Bhinneka.com dan Jakartanotebook.com. Sebanyak 153 kuesioner yang digunakan untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa search mechanism dan product involvement tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap shopping enjoyment, shopping enjoyment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intention to return tetapi tidak berpengaruh terhadap unplanned purchases dan perceived control memiliki pengaruh terhadap unplanned purchases dan intention to return. Kata Kunci: Consumer Behavior, Customer Retention, Electronic Commerce, Unplanned Purchases, Web Customers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > Information technology |
Divisions: | School of Computer Science > Information Technology |
Depositing User: | Rio Gusma Hendra |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 07:22 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 07:22 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/6377 |
Actions (login required)
View Item |