Pengaruh Cognitive Absorption Terhadap Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Web

Sudarjo, Sudarjo (2005) Pengaruh Cognitive Absorption Terhadap Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Web. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Sudarjo_0131071.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Technology Acceptance Model (TAM) yang telah diperluas dengan menambahkan sebuah konstruk cognitive absorption yang merupakan anteseden dari dua kepercayaan mengenai penggunaan teknologi: persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan. Cognitive absorption mempengaruhi dua persepsi penggunaan teknologi tersebut melalui lima (5) dimensi, yaitu temporal dissociation, focused immerson, heightened enjoyment, control dan curiosity. Dengan menggunakan web sebagai target teknologi, sebanyak 200 kuesioner dibagikan kepada siswa-siswi di 3 sekolah SMU dan SMK di Batam. Data yang diperoleh akan diuji untuk menganalisa hubungan pengaruh antara variabel-variabelnya meliputi: uji outlier, uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), uji normalitas, dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cognitive absorption melalui lima dimensi tersebut mempunyai pengaruh positif terhadap persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan. Selain itu penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh positif antara persepsi kemudahan penggunaan terhadap persepsi manfaat. Kata Kunci : Technology Acceptance Model (TAM), Cognitive Absorption, Persepsi Kemudahan Penggunaan (Perceived Ease of Use), Persepsi Manfaat (Perceived Usefulness).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > Information technology
Divisions: School of Computer Science > Information Technology
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 05 Sep 2024 09:43
Last Modified: 05 Sep 2024 09:43
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/6230

Actions (login required)

View Item View Item