Analisis Pengaruh Extrinsic Attributes Product Terhadap Perceived Risk dengan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening

Dessy, Dessy (2009) Analisis Pengaruh Extrinsic Attributes Product Terhadap Perceived Risk dengan Perceived Quality Sebagai Variabel Intervening. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Dessy_0541107.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

kan barang dan jasa semakin meningkat. Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, berbagai bentuk penawaran juga bermunculan dan salah satunya adalah pasar swalayan. Banyaknya persaingan di antara pasar swalayan menyebabkan pasar swalayan tersebut menciptakan merek sendiri (store brand). Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat mengikat konsumen pada produk yang diperjualbelikan. Faktor lain yang mempengaruhi keunggulan swalayan dalam persaingan adalah extrinsic attribute product. Melalui penelitian ini, dapat diketahui pengaruh extrinsic attribute product terhadap perceived risk di mana perceived quality sebagai variabel intervening. Swalayan Hypermart menjadi populasi dalam penelitian ini dengan memiliki store brand tersendiri. Metode pemilihan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan cara Convenience Sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 170 orang yang berbelanja di Hypermart. Alat analisis data menggunakan analisis jalur dengan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hubungan extrinsic attribute product terhadap perceived risk. Sedangkan perceived quality mempunyai pengaruh terhadap perceived risk. Hasil lainnya menunjukkan bahwa koefisien hubungan tidak langsung antara extrinsic attribute product dengan perceived risk lebih rendah daripada koefisien hubungan langsung. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hubungan sebenarnya antara extrinsic attribute product dengan perceived risk adalah langsung, yakni melalui perceived quality sebagai variabel intervening. Kata Kunci: Retail, Extrinsic Attribute Product, Perceived Quality, Perceived Risk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 05 Jul 2024 07:20
Last Modified: 05 Jul 2024 07:20
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5967

Actions (login required)

View Item View Item