Pengaruh Kepuasan dan Structurals Constraints Terhadap Retailer Opportunism

Rudiwanto, Rudiwanto (2008) Pengaruh Kepuasan dan Structurals Constraints Terhadap Retailer Opportunism. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Rudiwanto_0241053.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Persaingan dunia usaha retail yang semakin ketat mendorong pengecer harus membuat strategi untuk unggul dalam bersaing. Menjaga hubungan dengan pemasok juga merupakan hal penting, dimana pengecer membutuhkan pemasok yang bisa menyediakan produk yang berkualitas dan bisa bersaing serta bisa diajak melakukan hubungan kerja sama dalam jangka panjang. Disisi lain ada kalanya dalam hubungan kerja sama tersebut akan timbul masalah yang bisa merusak hubungan dan jika tidak bisa diselesaikan bisa menyebabkan pengecer tersebut melakukan opportunism dari hubungan ini. Penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan munculnya kesempatan bagi pengecer untuk berpindah ke pemasok lainnya serta dapat memperoleh keuntungan dari opportunism yang dilakukan. Kegunaan penelitian dilakukan untuk menganalisis beberapa faktor yang mendorong maupun menghambat retailer opportunism yaitu satisfaction dan structural constraints. Retailier opportunism diperlakukan sebagai variabel dependen dengan satisfaction dan structural constraints sebagai variabel independen. Penelitian ini mengunakan alat multiple regression dengan metode survei melalui kuesioner. Dilakukan di Batam dengan objek pengecer toko yang menjual pakaian baik wanita maupun pria. Data yang terkumpul sebanyak 150 dari 165 kuesioner yang disebarkan. Hasil dari penelitian yang dilakukan mengindikasikan bahwa tidak terdapat pengaruh satisfaction terhadap retailer opportunism. Pada faktor structural constraints yang terdiri dari alternative attractiveness, switching cost juga tidak mempengaruhi retailer opportunism, sedangkan investment yang termasuk didalam dapat mempengaruhi retailer opportunism. Hasil dari penelitian ini, bisa memberikan masukan untuk memahami masalah dan cara memelihara hubungan. Kata Kunci: Retailer opportunism, Satisfaction, Alternative attractiveness, Investment, Switching cost.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:21
Last Modified: 27 Jun 2024 04:21
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5952

Actions (login required)

View Item View Item