Analisis Pengaruh Media Selebriti Terhadap Gaya Hidup Remaja

Yohana, Yohana (2009) Analisis Pengaruh Media Selebriti Terhadap Gaya Hidup Remaja. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Yohana_0541037.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Individu belajar mengadopsi nilai-nilai materialistik dari pembelajaran sosial dari anggota keluarga, perkumpulan, dan pesan-pesan materialistik yang didapat dari program televisi dan pesan komersial dari televisi. Model, konsumen mengembangkan nilai-nilai materialistik melalui pengalaman-pengalaman yang menyebabkan perasaan tidak aman dan dari penjelasan nilai dan model materialistik. Individu mulai memindahkan materialistik sebagai strategi pengganti untuk mengurangi efek dari ketidakamanan ketika kebutuhan psikologi individu tidak dapat ditemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji apakah terdapat pengaruh antara peer communication, susceptibility to peer influence, amount of tv viewing, attention to television advertisements, motivation for viewing ads, social comparison, imitation of celebrity models terhadap materialism. Responden penelitian adalah mahasiswa pekerja yang berumur dari 18 – 24 tahun. Sebanyak 200 kuesioner dibagikan kepada mahasiswa-mahasiswi di Universitas Internasional Batam, dengan tingkat pengembalian sebanyak 163 responden. Penelitian ini menggunakan unit analisis tingkat individual dan alat analisis menggunakan regresi. Metode nonprobabilitas yang digunakan adalah metode purposive sampling berdasarkan judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peer communication dan susceptibility to peer influence berpengaruh terhadap social comparison. Motivation for viewing ads berpengaruh terhadap imitation of celebrity models. Social comparison dan imitation of celebrity models berpengaruh terhadap materialism. Kata Kunci : Peer communication, Susceptibility to peer influence, Amount of tv viewing, Attention to television advertisements, Motivation for viewing ads, Social comparison, Imitation of celebrity models, Materialism dan Adolescents.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:25
Last Modified: 26 Jun 2024 08:25
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5951

Actions (login required)

View Item View Item