Analisis Pengaruh Consumer Involvement Terhadap Relational Response Behaviors dengan Perceived Relational Benefits Sebagai Variabel Intervening

Rision, Rision (2008) Analisis Pengaruh Consumer Involvement Terhadap Relational Response Behaviors dengan Perceived Relational Benefits Sebagai Variabel Intervening. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Rision_0341054.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Peran pemasaran berubah seiring dengan kesadaran akan pentingnya pelanggan bagi suatu penyedia jasa. Pada masa sekarang ini proses pemasaran tidak hanya untuk mendapatkan profit yang tinggi bagi penyedia jasa melainkan juga untuk memberikan kepuasan bagi pelanggan. Strategi marketing diperlukan penyedia jasa untuk mempertahankan konsumennya. Salah satunya adalah melalui relationship marketing yaitu dengan menjalin hubungan jangka panjang antara penyedia jasa. Consumer involvement atau tingkat keterlibatan pelanggan yang tinggi terhadap penyedia jasa dapat menimbulkan relational benefits yang diterima pelanggan seperti confidence, social, dan special treatment benefits. Hal ini akan mendorong tercapainya relational response behaviors yang positif dan menimbulkan satisfaction, loyalty dan word-of-mouth communication. Faktor yang dianggap mempengaruhi relational response behaviors antara lain: consumer involvement dan perceived relational benefits. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara consumer involvement terhadap relational response behaviors dengan perceived relational benefits sebagai variabel intervening. Data diperoleh dari responden yang menggunakan jasa salon rambut dengan menggunakan pemilihan sampel nonprobabilitas purposive sampling. Alat analisis menggunakan regresi sederhana, metode survey dilakukan dengan menyebar 155 kuesioner dengan tingkat pengembalian sebesar 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan consumer involvement signifikan terhadap perceived relational benefits dan perceived relational benefits signifikan terhadap relational response behaviors. Kata Kunci: Consumer Involvement, Relational Benefits, Satisfaction, Loyalty, Word-of-mouth Communication.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 25 Jun 2024 09:15
Last Modified: 25 Jun 2024 09:15
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5935

Actions (login required)

View Item View Item