Dewi, Ratna (2008) Analisa Pengaruh Product Involvement Terhadap Brand Loyalty. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
Text
Ratna Dewi_0441046.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Brand loyalty merupakan suatu bentuk pembelian pada barang spesifik yang selama ini dilakukan dan tingkat ketertarikan/minatnya terhadap produk dari merek tersebut. Brand loyalty juga dapat diukur dengan bagaimana konsumen dapat berterus terang dalam melakukan pembelian (Dekimpe, 1997). Menurut Jacoby (1971), brand loyalty merupakan suatu perilaku pembelian ulang yang tergantung pada tiga komponen sikap. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana suatu pengaruh dari lima sifat pelanggan dalam memilih produk (product involvement) dalam mempengaruhi loyalitas seorang pelanggan terhadap merek tertentu (brand loyalty) sehingga pelanggan tersebut menjadi loyal terhadap merek tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 154 responden pengguna handphone merek Nokia. Penarikan sampel dilakukan secara non probabilitas berdasarkan tujuan atau purposive sampling. Alat analisisnya dengan model regresi berganda. Penemuan penelitian mengindikasikan bahwa kelima variabel dari product involvement yaitu interest, pleasure, sign, risk importance, dan risk probability berpengaruh positif terhadap terbentuknya brand loyalty. Jadi dapat disimpulkan bahwa seseorang yang memiliki keterlibatan tinggi dalam memilih atau mengambil keputusan pada pembelian suatu produk cenderung akan membawa konsumen menjadi loyal terhadap merek barang yang sudah dibelinya daripada konsumen yang tidak memiliki keterlibatan tinggi dalam memilih atau membeli suatu produk. Kata Kunci : Interest, Pleasure, Sign, Risk importance, Risk probability, dan Brand loyalty.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | School of Economic and Business > Management |
Depositing User: | Rio Gusma Hendra |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 08:33 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 08:33 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5933 |
Actions (login required)
View Item |