Pengaruh Harga dan Intensitas dari Aktivitas-Aktivitas Pemasaran Terhadap Brand Equity Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening

Ridwan, M. (2007) Pengaruh Harga dan Intensitas dari Aktivitas-Aktivitas Pemasaran Terhadap Brand Equity Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
M.Ridwan_0241064.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pada era globalisasi seperti saat ini, alat telekomunikasi (handphone) dituntut untuk dapat selalu mobile dan mengikuti perkembangan teknologi. Handphone Nokia merupakan alat komunikasi yang mobile dan dikenal oleh semua orang. Melalui strategi harga yang baik dan aktivitas pemasaran yang intensif, Nokia telah dikenal banyak orang. Hal ini menandakan bahwa handphone Nokia memiliki brand equity yang tinggi. Berdasarkan pemikiran ini, peneliti mengadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh harga dan intensitas dari aktivitas-aktivitas pemasaran terhadap brand equity, serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari brand image sebagai variabel intervening pada hubungan antara harga, intensitas dari aktivitas aktivitas pemasaran, dan brand equity. Metode pemilihan sampel adalah nonprobabilitas yaitu Convenience Sampling. Data diperoleh dari sampel yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswi pengguna handphone Nokia di Batam dengan menggunakan metode survei. Dari 125 kuesioner yang dibagikan, kuesioner yang kembali sebanyak 119 eksemplar atau 95,2 % untuk kemudian diolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan harga terhadap brand equity dengan brand image sebagai variabel intervening dan mempunyai hubungan yang negatif. Kemudian hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan intensitas dari aktivitas-aktivitas pemasaran terhadap brand equity dengan brand image sebagai variabel intervening dan mempunyai hubungan yang positif. Pada dua model penelitian diatas, koefisien hubungan tidak langsung lebih besar daripada hubungan langsung sehingga hubungan yang sebenarnya adalah tidak langsung, yaitu melalui brand image sebagai variabel intervening. Kata kunci : Harga, Intensitas dari aktivitas-aktivitas pemasaran, Brand equity, Brand image, Convenience sampling, Regresi sederhana, Regresi berganda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 05 Jun 2024 09:45
Last Modified: 05 Jun 2024 09:45
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5895

Actions (login required)

View Item View Item