Pengaruh Jaminan, Identifikasi Pribadi, dan Identifikasi Sosial Terhadap Ekstensi Merek dan Rekomendasi

Linawaty, Linawaty (2006) Pengaruh Jaminan, Identifikasi Pribadi, dan Identifikasi Sosial Terhadap Ekstensi Merek dan Rekomendasi. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
Linawaty_0241045.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pada belakangan ini, perusahaan-perusahaan telah melakukan penambahan investasinya secara signifikan pada peningkatan kreasi dan pengembangan merek. Merek merupakan kekayaan yang sangat berharga maka perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan citra merek. Citra merek yang tinggi akan menciptakan kekayaan merek atau ekuitas merek (brand equity) yang besar. Untuk melihat faktor-faktor apa yang akan mempengaruhi ekuitas merek maka perusahaan perlu memperhatikan respon konsumen terhadap dimensi-dimensi asosiasi merek (jaminan, identifikasi pribadi, dan identifikasi sosial), di mana merupakan elemen kunci dalam ekuitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji apakah terdapat pengaruh antara jaminan, identifikasi pribadi dan identifikasi sosial terhadap kesediaan konsumen menerima ekstensi merek dan melakukan rekomendasi. Data diperoleh dari konsumen yang menggunakan atau memiliki sepatu olahraga merek Nike, Adidas atau Reebok pada saat ini, dengan menggunakan pemilihan sampel nonprobabilitas dengan metode purposive sampling. Alat analisis menggunakan regresi berganda, metode survei dilakukan dengan menyebarkan 105 kuesioner, kuesioner yang kembali sebanyak 105 atau 100% untuk diolah. Hasil penelitian menunjukkan jaminan dan identifikasi sosial tidak berpengaruh pada ekstensi merek dan rekomendasi, sedangkan identifikasi pribadi berpengaruh terhadap kesediaan konsumen menerima ekstensi merek dan melaksanakan rekomendasi. Kata Kunci :Jaminan, Identifikasi Pribadi, Identifikasi Sosial, Ekstensi Merek Rekomendasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 03 Apr 2024 12:12
Last Modified: 03 Apr 2024 12:12
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5856

Actions (login required)

View Item View Item