Kurniawan, Tony Dwi Aryo (2023) Exploratory Study of Cultural Fusion on Traditional Indonesian Puppet and Anime Using Augmented Reality. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
Text
1931152_FF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negeri yang diberkati dengan beragam kesenian dan budaya yang indah dan unik, salah satunya yaitu wayang kulit. Wayang kulit merupakan salah satu kesenian yang keberadaannya sudah sangat lama. Namun di zaman sekarang, dengan teknologi yang berkembang pesat menyebabkan wayang kulit dengan perlahan menghilang. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh masuknya budaya asing, seperti budaya jepang yang dibawa oleh beberapa produk media salah satunya anime. Dampak dari anime ini adalah banyaknya generasi muda Indonesia yang menjadi weeaboo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melestarikan wayang kulit dengan menggunakan teknologi AR (Augmented Reality) sebagai media untuk memperkenalkan wayang kulit yang dipadukan dengan anime sehingga dapat menarik generasi muda Indonesia. Aplikasi AR (Augmented Reality) ini dibuat dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil dari perancangan ini menghasilkan aplikasi AR (Augmented Realiy) dari perpaduan wayang kulit dan anime yang diharapkan dapat menarik masyarakat terutama generasi muda Indonesia untuk melestarikan kesenian tradisional Indonesia terutama wayang kulit. Kata Kunci: Augmented Reality, Wayang Kulit, Anime, Multimedia Development Life Cycle
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Wayang Kulit, Anime, Multimedia Development Life Cycle |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | School of Computer Science > Information System |
Depositing User: | Rio Gusma Hendra |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 04:16 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 04:16 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5690 |
Actions (login required)
View Item |