Adyanto, Steven (2022) Analisa Pengaruh Halal Logo, Halal Credence dan Religiosity Terhadap Halal Purchase Intention dengan Mediasi Attitude. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.
Text
1841115_FF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang didominasi oleh agama Muslim, dengan hal ini, semua barang yang akan dikonsumsi harus bersifat Halal. Halal berasal dari bahasa Arab, yang mempunyai arti diperbolehkan, dalam hal barang konsumsi, artinya menjadi barang yang diperbolehkan untuk dikonsumsi menurut Agama Muslim. Halal juga mempunyai arti lain, yakni tidak mengandung babi, sehingga pada label makanan harus tertera logo Halal, yang dimana masyarakat Muslim dapat mengkonsumsi barang tersebut tanpa khawatir terhadap barang yang tidak Halal. Penulis dalam melaksanakan penelitian, ingin meneliti tentang prilaku konsumsi Halal bagi masyarakat Muslim. Penulis membuat sebanyak 25 pertanyaan yang akan dibagikan melalui Google Form. Hasil dari pembagian pertanyaan tersebut, Penulis mendapat sebanyak 406 orang yang mengisi pertanyaan tersebut. Penulis sebelumnya membuat beberapa hipotesis. Data yang diterima kemudian diolah untuk kepentingan penelitian, hasilnya Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis yang dibuat semuanya berunsur positif hipotesis yang positif antara lain, Halal Credence berpengaruh positif terhadap Attitude Toward Halal, Halal Logo berpengaruh positif terhadap Attitude Toward Halal, Religiosity berpengaruh positif terhadap Attitude Toward Halal, Attitude Toward Halal berpengaruh positif terhadap Halal Purchase Intention, Halal Credence secara tidak lansung berpengaruh Halal Purchase Intention melalui Attitude Toward Halal, Halal Logo secara tidak lansung berpengaruh Halal Purchase Intention melalui Attitude Toward Halal, dan Religiosity secara tidak lansung berpengaruh Halal Purchase Intention melalui Attitude Toward Halal. Kata kunci : Indonesia, Muslim, Halal, Arab, konsumsi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | School of Economic and Business > Management |
Depositing User: | Rio Gusma Hendra |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 10:25 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 10:25 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/5005 |
Actions (login required)
View Item |