Wirdahayu, Wirdahayu (2022) Faktor yang Mempengaruhi Media Belajar Online di Masa Pandemi COVID-19 pada Sekolah Dasar Negeri Kota Batam. Master thesis, Universitas Internasional Batam.
Text
2044046_FF.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat adanya dampak dari metode mengajar, penggunaan media pembelajaran, bahan ajar, pemanfaatan waktu, perilaku siswa, dan fasilitas belajar terhadap variabel media belajar daring selama pandemi Covid-19. populasi penelitian adalah guru berjumlah 5.975 orang yang tersebar di 144 Sekolah Dasar Negeri se Kota Batam. Dengan menggunakan metode pengambilan sampel menurut Hair et al., (2014), penelitian ini terdiri dari 45 item pertanyaan sehingga sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini memerlukan setidaknya 45 x 5 = 225 responden. Peneliti melakukan pengumpulan data selama 30 hari dengan menyebarkan kuesioner yang dibagikan via link Google Form, setelah data terkumpul untuk kemudian di olah dan dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan analisis data, menunjukkan hasil uji hipotesis sebagaimana telah ditunjukkan dalam hasil uji t bahwa variabel metode mengajar, bahan ajar, perilaku siswa dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan, sementara variabel penggunaan media pembelajaran dan pemanfaatan waktu berpengaruh tidak signifikan terhadap media belajar daring hal ini. Hasil uji F terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan pada variabel independen terhadap variabel dependen. Kata kunci: metode mengajar, bahan ajar, perilaku siswa, fasilitas belajar, penggunaan media pembelajaran, pemanfaatan waktu dan media belajar daring
Item Type: | Thesis (Master) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | School of Economic and Business > Master of Management |
Depositing User: | Rio Gusma Hendra |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 10:08 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 10:08 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4867 |
Actions (login required)
View Item |