Analisis Pengaruh Convenience, Customer Service, Products, dan Subjective Norms Terhadap Attitude dan Purchase Intention pada Marketplace di Indonesia

Indra, Vivianti (2022) Analisis Pengaruh Convenience, Customer Service, Products, dan Subjective Norms Terhadap Attitude dan Purchase Intention pada Marketplace di Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1841164_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention dalam konteks belanja online. Faktor-faktor yang dianalisis yaitu convenience, customer service, products, dan subjective norms sebagai variabel independen, dan attitude sebagai variabel mediasi. Sampel dari penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang mengetahui dan pernah menggunakan media marketplace untuk berbelanja online. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner yang berisikan 21 pertanyaan yang berhubungan dengan setiap variabel yang akan diteliti. Kuesioner dibuat dalam bentuk Google Form dan kemudian disebarkan secara online melalui media sosial. Sebanyak 215 sampel dikumpulkan dan kemudian data tersebut diolah dengan metode PLS-SEM menggunakan aplikasi SmartPls. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa convenience, products, dan subjective norms berpengaruh signifikan terhadap attitude dan purchase intention. Customer service berpengaruh signifikan terhadap attitude tetapi tidak berpengaruh signifikan pada purchase intention. Kemudian hasil penelitian juga menjelaskan bahwa attitude terbukti secara signifikan sebagai faktor mediasi antara hubungan convenience dan products terhadap purchase intention, tetapi tidak terbukti pada kasus hubungan customer service dengan purchase intention. Kata Kunci: Belanja Online, Marketplace, Purchase Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 09 Nov 2022 09:09
Last Modified: 09 Nov 2022 09:09
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item