Analisis Faktor yang Mempengaruhi Actual Purchase Behavior Konsumen terhadap Produk Botol Minuman Tumbler

Jessika, Jessika (2022) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Actual Purchase Behavior Konsumen terhadap Produk Botol Minuman Tumbler. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1841122_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pendorong perilaku pembelian aktual konsumen, khususnya konsumen Kota Batam terhadap produk botol tumbler. Data dikumpulkan dari 276 konsumen yang berpengalaman membeli botol tumbler dengan purposive sampling, kemudian dianalisis menggunakan SPSS dan SEM PLS 3. Seluruh hipotesis pada penelitian ini diterima, bahwa kepercayaan terhadap produk ramah lingkungan (Green Trust), norma subjektif (Subjective Norm) dan nilai fungsional (Functional Value) berpengaruh signifikan positif terhadap sikap (Attitude) konsumen pada botol tumbler. Sikap konsumen pada botol tumbler berpengaruh signifikan positif terhadap niat pembelian (Purchase Intention) dan mengarah pada perilaku pembelian aktual (Actual Purchase Behavior). Selain itu juga ditemukan peran mediasi Attitude dan Purchase intention terhadap ketiga variabel independen tersebut (Green Trust, Subjective Norm dan Functional Value) dengan Actual Purchase Behavior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan persepsi baik konsumen, pemasar perlu berfokus pada penyediaan informasi yang transparan terkait produk ramah lingkungan. Selain itu pemasar perlu berfokus pada nilai fungsional untuk meningkatkan konsumsi produk ramah lingkungan. Hal ini dapat dicapai melalui promosi intensif yang menekankan nilai kualitas, keandalan, dan keamanan produk terhadap lingkungan. Kata Kunci: Kepercayaan, Niat Pembelian, Nilai Fungsional, Norma Subjektif, Perilaku Pembelian Aktual dan Sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > Business
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 15 Oct 2022 05:18
Last Modified: 15 Oct 2022 05:18
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item View Item