Pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap Purchase Intention Masyarakat Indonesia dengan Dimediasi Oleh Brand Equity dan E-Wom pada Toko Fashion Online

Anggraini, Vitrian (2022) Pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap Purchase Intention Masyarakat Indonesia dengan Dimediasi Oleh Brand Equity dan E-Wom pada Toko Fashion Online. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
1841002_FF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pertumbuhan angka penggunaan media sosial telah menciptakan era baru bagi perusahaan dan merek usaha sehingga keadaan membuat pelaku usaha mencari cara untuk melibatkan dan menjangkau pelanggan. Keadaan persaingan pasar yang semakin ketat, akan membuat branding menjadi faktor daya saing yang penting bagi sebuah bisnis untuk membentuk perspektif di benak konsumen. Pelanggan yang setia pada suatu merek akan berbagi pengalaman yang baik dan memberikan rekomendasi positif serta mempengaruhi niat beli mereka sendiri dan orang lain. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing Activities terhadap Purchase Intention konsumen produk fashion online di Indonesia dengan dimediasi oleh Brand Equity dan E-WOM. Penelitian ini menggunakan variabel pemasaran media sosial, ekuitas merek dan berita dari mulut ke mulut secara daring sebagai variabel independen dan niat beli konsumen sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data primer, sehingga dalam proses pengambilan data, dilakukan pembagian kuesioner berbentuk Google Form melalui media sosial. Kuesioner diisi oleh 256 orang yang menggunakan media sosial produk fashion online untuk mencari informasi mengenai merek atau pernah membeli produk melalui media sosial merek fashion. Data kuesioner yang dikumpulkan kemudian diolah menggunakan program SmartPLS 3 dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Brand Equity dan E-WOM berpengaruh signifikan positif terhadap Purchase Intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing tidak berpengaruh terhadap Purchase Intention secara langsung. Namun, Social Media Marketing mempengaruhi Purchase Intention secara tidak langsung dengan dimediasi oleh variabel Brand Equity dan E-WOM. Kata Kunci: Pemasaran media sosial, ekuitas merek, E-WOM, niat beli, fashion online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Management
Depositing User: Rio Gusma Hendra
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:54
Last Modified: 06 Oct 2022 04:54
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/4492

Actions (login required)

View Item View Item