Upaya Meningkatkan Literasi Baca-Tulis Siswa Melalui Project Based Learning Untuk Menerbitkan Buku Ber-ISBN

Suryati, Nensy (2021) Upaya Meningkatkan Literasi Baca-Tulis Siswa Melalui Project Based Learning Untuk Menerbitkan Buku Ber-ISBN. Master thesis, Universitas Internasional Batam.

[img]
Preview
Text
t-1844041-abstract-en.pdf - Published Version

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
t-1844041-abstract-id.pdf - Published Version

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
t-1844041-bibliography.pdf - Bibliography

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
t-1844041-chapter1.pdf - Published Version

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
t-1844041-chapter2.pdf - Published Version

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
t-1844041-chapter3.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
t-1844041-chapter4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
t-1844041-chapter5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img]
Preview
Text
t-1844041-cover.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
t-1844041-lembar pegesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan penerbitan buku ber-ISBN terhadap peningkatan kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 9 SMP Maitreyawira, Batam tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian melalui project base learning ini berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi siswa. Metode yang digunakan yaitu dengan memberi tugas penulisan karya berupa cerita pendek kepada 34 siswa untuk diterbitkan menjadi sebuah buku ber-ISBN. Tugas dibagi dalam tiga periode waktu, yaitu: sebelum pemberitahuan proyek buku, sesudah pemberitahuan proyek buku, dan tahap revisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi menulis dan keterampilan berbahasa siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan Project Based Learning (PjBL) dengan perlakuan penerbitan buku ber-ISBN dapat meningkatkan minat dan kemampuan literasi siswa dalam menulis cerpen. Kata kunci : Literasi Baca-Tulis, Pembelajaran Berbasis Proyek, Buku ber-ISBN

Item Type: Thesis (Master)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: School of Economic and Business > Master of Management
Depositing User: Inawati
Date Deposited: 23 Sep 2021 06:37
Last Modified: 23 Sep 2021 06:37
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/3806

Actions (login required)

View Item View Item