Tambunan, Ernita (2019) Bimbingan Kelompok dan Pendekatan Interktif untuk Meningkatkan Disiplin dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIID Semester Dua Tahun Pelajaran 2018/2019 SMP Ananda Batam. Master thesis, Universitas Internasional Batam.
|
Text
t-17134456-abstract-en.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
t-17134456-abstract-id.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
t-17134456-bibliography.pdf Download (65kB) | Preview |
|
Text
t-17134456-chapter1.pdf Download (284B) |
||
Text
t-17134456-chapter2.pdf Download (284B) |
||
Text
t-17134456-chapter3.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) | Request a copy |
||
Text
t-17134456-chapter4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
t-17134456-chapter5.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
t-17134456-cover-id.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Ananda Batam yang menunjukkan terdapat siswa yang tingkat disiplin dan motivasi belajar yang rendah.Melalui layanan bimbingan kelompok dan pendekatan interaktif diharapkan tingkat disiplin dan motivasi belajar siswa ini dapat ditingkatkan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat disiplin dan motivasi belajar siswa sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dan pendekatan interaktif, untuk mengetahui gambaran dan untuk mengetahui apakah tingkat disiplin dan motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dan pendekatan interaktif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan melaksanakan dua siklus. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.D SMP Ananda Batam yang terdiri atas 25 siswa yang tingkat disiplin dan motivasi belajar rendah dan 18 siswa yang memiliki tingkat disiplin dan motivasi belajar masih cukup rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan kuesioner. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat disiplin dan motivasi belajar siswa sebelum memperoleh perlakuan berupa bimbingan kelompok dan pendekatan interaktif, masih rendah yaitu untuk disiplin siswa mencapai rata-rata 73,12 (Cukup) dan untuk motivasi belajar baru mencapai 65,81 (Cukup). Setelah diberi layanan bimbingan kelompok dan pendekatan interaktif pada sikus I, tingkat disiplin dan motivasi belajar siswa meningkat yaitu disiplin mencapai rata-rata 87,32 ada pada kategori B (Baik) dan untuk motivasi belajar mencapai rata-rata 86,60 ada pada kategori B (Baik). Sedangkan pada siklus II tingkat disiplin dan motivasi belajar siswa terus meningkat menjadi kategori tinggi dengan perolehan rata-rata disiplin mencapai 94,24 ada pada kategori A (Amat Baik) dan motivasi belajar mencapai rata-rata 92,56 atau ada pada kategori A (Amat Baik). Hal ini membuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok dan pendekatan interaktif dapat meningkatkan kedisiplinan dan motivasi belajar pada siswa kelas VIII.D SMP Ananda Batam. ********************************************************************** This research was carried out based on the phenomena that existed in Ananda Batam Junior High School which showed that there were students with low levels of discipline and learning motivation. Through group guidance services and interactive approaches, it was hoped that the level of discipline and learning motivation of these students could be improved. The aim of this study was to find out the picture the level of discipline and student motivation before getting group guidance services and interactive approaches, student motivation after receiving group guidance services and interactive approaches, and motivation can be improved through group guidance services and approaches interactive.This type of research used in this research is action research by carrying out two cycles. The subjects of this study are students of class VIII.D Ananda Batam Junior High School consisting of 25 students with low levels of discipline and learning motivation and 18 students who have low levels of discipline and learning motivation. Data collection methods used are observation and questionnaire. While the data analysis technique uses descriptive analysis of quantitative data.The results showed that the level of discipline and student learning motivation before obtaining treatment in the form of group guidance and interactive approaches, was still low, namely for student discipline to reach an average of 73.12 (Adequate) and for learning motivation only reached 65.81 (Adequate). After being given group guidance services and interactive approaches on the first cycle, the level of discipline and student learning motivation increased i.e. discipline reached an average of 87.32 in the category B (Satisfactory) and for learning motivation reached an average of 86.60 in the category B (Satisfactory). Whereas in the second cycle the level of discipline and student learning motivation continues to increase to a high category with the average acquisition of discipline reaching 94.24 in category A (Very Good) and learning motivation reaches an average of 92.56 or there is a category A (Very Good). This proves that group guidance services and interactive approaches can improve discipline and learning motivation in class VIII.D students of Ananda Batam Middle School.
Item Type: | Thesis (Master) |
---|---|
Additional Information: | Similarity: 15 |
Uncontrolled Keywords: | group guidance, interactive approach, discipline, learning motivation |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | School of Economic and Business > Master of Management |
SWORD Depositor: | Admin Repository Universitas Internasional Batam |
Depositing User: | Admin Repository Universitas Internasional Batam |
Date Deposited: | 28 Apr 2020 02:29 |
Last Modified: | 28 Apr 2020 02:30 |
URI: | http://repository.uib.ac.id/id/eprint/2274 |
Actions (login required)
View Item |