Dampak Pengguna dan Gratifikasi Terhadap Objek Wisata Batam Melalui Facebook dan Instagram

Emelyn, Fify (2019) Dampak Pengguna dan Gratifikasi Terhadap Objek Wisata Batam Melalui Facebook dan Instagram. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Batam.

[img] Text
s-1541414-abstract-en.pdf

Download (285B)
[img] Text
s-1541414-abstract-id.pdf

Download (285B)
[img] Text
s-1541414-bibliography.pdf

Download (286B)
[img] Text
s-1541414-chapter1.pdf

Download (282B)
[img] Text
s-1541414-chapter2.pdf

Download (282B)
[img] Text
s-1541414-chapter5.pdf

Download (282B)
[img] Text
s-1541414-cover-id.pdf

Download (282B)

Abstract

Berwisata merupakan salah satu kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh perorangan maupun berkelompuk untuk mengunjungi suatu tempat dengan bertujuan untuk berekreasi atau mempelajari keunikan daya tarik suatu destinasi wisata yang dikunjungi. Dalam melakukan perjalanan wisata, setiap individual memiliki kebutuhan tersendiri seperti membawa peta pada tahun 1980-an. Namun seiring berjalannya waktu, terlahirlah teknologi dengan sistem canggih yang mampu menjangkau berbagai informasi juga dukungan dari sumber aplikasi. Teknologi berupa telepon genggam pada tahun 2018 sudah mencapai titik pengguna sebanyak 83,5 juta penduduk. Dan juga terdapat aplikasi yang sedang tren yaitu aplikasi Facebook dan Instagram. Selain itu, negara Indonesia sangat mudah dijangkau dengan adanya terminal transit dari Singapura ke Indonesia terutama melalui Batam yang dapat mempermudah para wisatawan. Sehingga peneliti ingin melakukan penelitian tentang “Dampak Pengguna dan Gratifikasi Terhadap Objek Wisata Batam Melalui Facebook dan Instagram.” Tujuan penulisan Laporan Karya Akhir ini adalah untuk mengetahui penggaruh penggunaan dan gratifikasi dari sosial media terhadap suatu objek wisata, Facebook dan Instagram terhadap wisatawan terhadap aplikasi Instagram dan Facebook serta Facebook dan Instagram terhadap wisatawan dalam niat untuk berkunjung ke Batam. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis dalam menulis laporan ini adalah Data Primer (data penelitian yang diperoleh secara langsung melalui sumber asli yang dikumpulkan oleh peneliti untuk menjawab permasalahan dalam penelitian). Data primer dilakukan dengan langkah awal seperti survei lapangan dan penyebarkan kuesioner melalui google form juga lembar kuesioner yang berisi pertanyaan tertulis. Karya akhir dalam penelitian terhadap gratifikasi hiburan terhadap sikap di Facebook dan/atau Instagram bersifat signifikan, gratifikasi informasi terhadap sikap di Facebook dan/atau Instagram bersifat signifikan, gratifikasi sosialisasi terhadap sikap di Facebook dan/atau Instagram bersifat signifikan, sikap di Facebook dan/atau Instagram terhadap sikap terhadap objek wisata bersifat signifikan, sikap di Facebook dan/atau Instagram terhadap niat untuk berkunjung bersifat signifikan, dan sikap terhadap objek wisata terhadap niat untuk berkunjung bersifat signifikan. ********************************************************************** Traveling is one of the travel activities carried out by individuals or groups to visit a place with the aim of recreation of learning the uniqueness of the attraction of a tourist destination visited. In traveling, each individual has their own needs such as carrying a map in the 1980s. But as time goes by, technology was born with a sophisticated system that was able to reach a variety of information as well as support from application sources. The technology in the form of mobile phones in 2018 has reached a user point of 83,5 million. And there are also applications that are currently trending, namely applications Facebook and Instagram. In addition, the country of Indonesia is very easy to reach with the transit terminal from Singapore to Indonesia, especially through Batam, which can make it easier for tourists. So that researchers want to conduct research on “Impact of Users and Gratification on Batam Tourism Objects by Facebook and Instagram.” The purpose of writing this final report is to find out the influence of the use and gratification of social media on a tourist object, Facebook and Instagram on tourist object, Facebook and Instagram on tourists on Instagram and Facebook applicaions and Facebook and Instagram submissions to tourists in their intention to visit Batam. The data collection technique carried out by the author in writing this report is Primary Data. Primary (Research data obtained directly through original collected by researchers to answer problems in research). Primary data is carried out with the initial steps such as a field survey and then distributing questionnaires through google form as well as questionnaire filling sheets containing written questions. The final work on research on entertainment gratification of attitude on Facebook and/or Instagram is significant, information gratification of attitudes on Facebook and/or Instagram is significant, socialization gratification of attitudes on Facebook and/or Instagram is significant, attitudes on Facebook and/or Instagram of attitude towards tourism objects is significant, attitudes on Facebook and/or Instragram on the intention to visit are significant, and attitudes towards tourism objects towards intention to visit is significant.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Similarity: 24
Uncontrolled Keywords: Intention to visit, facebook, instagram
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > Business > Marketing. Distribution of products
Divisions: School of Economic and Business > Accounting
SWORD Depositor: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Depositing User: Admin Repository Universitas Internasional Batam
Date Deposited: 17 Oct 2019 11:23
Last Modified: 17 Oct 2019 11:23
URI: http://repository.uib.ac.id/id/eprint/1561

Actions (login required)

View Item View Item